TFR

View Original

Merger, akuisisi, restrukturisasi: teknologi dan game April 2022

Tiket.com dan Blibli dikabarkan akan merger untuk IPO tahun ini

Perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket hotel dan perjalanan, Tiket.com, dikabarkan akan melakukan merger dengan e-commerce milik Grup Djarum, Global Digital Niaga atau Blibli, untuk rencana penawaran umum perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia tahun ini. Hal tersebut diungkapkan oleh sumber dari Bloomberg. IPO untuk perusahaan gabungan dapat bernilai sekitar $1 miliar atau setara Rp14,3 triliun. Sebelumnya, Tiket.com mempertimbangkan untuk melantai di bursa melalui merger dengan special purpose acquisition company (SPAC), tetapi rencana tersebut gagal. Blibli merupakan anak perusahaan pemodal ventura milik Djarum Group, Global Digital Prima (GDP). Sementara, Tiket.com adalah perusahaan agen perjalanan yang diakuisisi GDP pada Juni 2017 lalu.

Zilingo skors CEO terkait dugaan malpraktik keuangan

Startup marketplace fesyen asal Singapura, Zilingo, menangguhkan atau menskors CEO Ankiti Bose terkait dugaan malpraktik keuangan. Sebelumnya, Zilingo berusaha mengumpulkan dana hingga $200 juta atau Rp2,8 triliun dari investor dengan bantuan Goldman Sachs Group. Namun, para investor menyelidiki praktik keuangan Zilingo karena auditor perusahaan mempertanyakan catatan akuntansi. Penyelidikan berpusat di sekitar transaksi dan pendapatan bisnis pada seluruh platform. Zilingo sendiri belum mengajukan laporan keuangan tahun 2019.

Boy Thohir akuisisi 10% saham AnterAja senilai Rp70 miliar

Garibaldi Thohir atau Boy Thohir mengakuisisi 10% saham Tri Adi Bersama (AnterAja) yang merupakan anak usaha dari Adi Sarana Armada Tbk (ASSA). Sebelumnya, Tri Adi Bersama menerbitkan 490.413 saham baru atau setara 10% dengan nilai transaksi Rp70,55 miliar.

Seluruh saham tersebut dibeli oleh Boy Thohir. Komisaris utama GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) tersebut dikenal memiliki ekosistem besar yang di dalamnya terdiri dari Gojek sebagai penyedia layanan logistik dan pengantaran, e-commerce Tokopedia, dan Goto Financial. Boy Thohir kini menggenggam 1.054.287.487 unit atau setara 0,09% dari total saham GOTO. Valuasi investasinya diperkirakan senilai Rp402,74 miliar.

Startup podcast Noice raih pendanaan Seri A senilai Rp316 miliar

Startup konten radio yang dikelola oleh Mahaka Radio Integra (MARI) milik Erick Thohir, Noice, mendapatkan pendanaan Seri A senilai Rp316 miliar. Pendanaan tersebut dipimpin oleh Northstar dengan partisipasi dari investor sebelumnya, Alpha JWC Go-Ventures dan Kinesys. Perusahaan akan memanfaatkan dana itu untuk mengembangkan komunitas kreator, platform teknologi, dan memperluas cakupan konten audio series untuk menghadirkan cerita-cerita terbaik Indonesia dari komunitas penulis lokal dan mengadaptasinya ke dalam format audio. Hingga saat ini, Noice telah memiliki lebih dari 2 juta pengguna atau tumbuh empat kali lipat dari tahun sebelumnya dan menghadirkan lebih dari 40.000 konten di aplikasinya.

Elon Musk resmi akuisisi Twitter melalui kesepakatan senilai Rp637 triliun

Dewan direksi Twitter telah menerima proposal Elon Musk untuk membeli seluruh saham media sosial Twitter. Elon Musk membeli Twitter seharga $54,2 per lembar saham, sehingga total dana yang dikeluarkan adalah $44 miliar atau sekitar Rp637 triliun. Transaksi pembelian tersebut akan diselesaikan tahun ini dan menjadikan Twitter sebagai perusahaan pribadi.

Berdasarkan pernyataan resmi Musk di Twitter, kebebasan berbicara adalah landasan demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital tempat hal-hal penting bagi masa depan manusia diperdebatkan. Lebih lanjut, ia ingin membuat Twitter menjadi lebih baik dari sebelumnya, menjanjikan fitur-fitur baru, membuat algoritma open source, mengalahkan bot spam, dan mengautentifikasi semua pengguna.

Apple menandatangani kesepakatan eksklusif dengan perusahaan produksi milik Tom Hanks

Apple menandatangani kesepakatan eksklusif multi-tahun bersama perusahaan produksi milik Tom Hanks dan Gary Goetzman, Playtone. Dalam kesepakatan tersebut, perusahaan akan bermitra dalam mengembangkan, memproduksi, dan mendistribusikan semua bentuk acara televisi secara global, termasuk serial, serial terbatas, dokumenter, dan proyek tanpa naskah. Kemitraan ini memperpanjang hubungan Apple dengan Playtone sebelumnya pada 2019, ketika kedua perusahaan bergabung dengan Amblin Television karya Steven Spielberg di “Masters of the Air”, seri lanjutan dari “Band of Brothers” dan “The Pacific”.

The Pokémon Company akuisisi perusahaan pencetak trading card Millenium Print Group

The Pokémon Company telah mengakuisisi Millennium Print Group, sebuah perusahaan yang mencetak kartu untuk Pokémon Trading Card Game yang sangat populer. Millennium Print Group telah bekerja dengan The Pokémon Company sejak 2015. Akuisisi ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan, infrastruktur, dan skala dari Millennium Print Group untuk menjadi pencetak kartu tukar atau trading card utama sehingga dapat melayani industri yang lebih luas. Akuisisi ini menunjukkan bahwa The Pokémon Company mengharapkan agar permintaan kartu Pokémon dan jenis kartu tukar lainnya terus berlanjut.

Warner Bros. Discovery tutup CNN+ sebulan setelah diluncurkan

Warner Bros. Discovery resmi menutup layanan streaming CNN+ per 30 April 2022 satu bulan setelah peluncurannya. Jason Kilar, mantan CEO WarnerMedia ketika dimiliki oleh AT&T, meluncurkan CNN+ hanya beberapa minggu sebelum Discovery mengambil alih operasi. Keputusan ini diambil karena sejalan dengan strategi perusahaan, yaitu direct-to-consumer yang lebih luas, di mana konsumen menginginkan kesederhanaan, layanan lengkap, dan pengalaman yang lebih baik.

Deezer akan go-public melalui SPAC dengan valuasi Rp16 triliun

Layanan streaming musik Deezer akan melantai di bursa melalui SPAC dengan valuasi $1,1 miliar atau sekitar Rp16 triliun. Deezer akan merger dengan perusahaan SPAC bernama I2PO, yang dipimpin oleh mantan eksekutif WarnerMedia Iris Knobloch. Layanan musik berbasis di Paris tersebut memiliki 9,6 juta pelanggan dan menghasilkan pendapatan €400 juta atau sekitar Rp6 triliun pada 2021. Selain katalog musik yang terdiri dari 90 juta lebih lagu, perusahaan juga menawarkan podcast, buku audio, dan saluran radio.