TFR

View Original

Gandeng 100 seniman, Jakarta Illustration & Creative Arts Fair (JICAF) 2024 resmi dibuka

Jakarta Illustration & Creative Arts Fair (JICAF) 2024 resmi digelar pada 19 September-6 Oktober 2024 di The Space, Senayan City Jakarta.

Acara ini merupakan perayaan seni kreatif dan visual yang menyorot keberagaman seni dan inovasi kreatif dari dalam dan luar negeri.

Tahun ini, JICAF 2024 mengusung tema “Chaotic City” untuk membawa energi dan dinamika kehidupan perkotaan ke dalam dunia seni kreatif.

Total ada 100 talenta lokal dan internasional dari 20 negara yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan tahun ini, termasuk di antaranya ialah Bapak Pop Art Indonesia Wedha Abdul Rasyid, Sundae Kids, Mojoko, Pinot, Tutu, Ykha Amelz, Muklay, hingga Machine56!

JICAF 2024 masih mengusung konsep unik Supermarket for Artworks untuk menyajikan pameran karya seni, art market, workshop interaktif, hingga diskusi inspiratif dengan para seniman.

Harapannya, acara ini dapat membuka pintu bagi seniman, kolektor, pecinta seni, dan semua kalangan masyarakat untuk terlibat dan merayakan dunia kreatif secara langsung.

“JICAF 2024 masih mengusung konsep exhibition x retail, bahwa kita mencoba membuat seni menjadi lebih inklusif, sehingga ada lebih banyak orang yang dapat menikmati seni,” ujar Fair Director JICAF Sunny Gho dalam konferensi pers JICAF 2024 di Artotel Gelora Senayan, Kamis (19/9).

Ia kemudian melanjutkan, “Kami ingin memberikan panggung ke seniman visual agar lebih banyak yang kenal dan karya mereka lebih dihargai. Jadi ini adalah perayaan yang sangat meriah dan cocok untuk anak muda.”

Baca juga: Maestro ilustrator Pinot dapat penghargaan Iconic Creator Award 2024!

Dimeriahkan 100 seniman terkurasi selama tiga minggu!

Sebanyak 75 dari 100 seniman terpilih yang berpartisipasi dalam JICAF 2024 sebelumnya telah melalui proses kurasi ketat. Dewan kurator JICAF 2024 menerima sebanyak 540 submission dari Open Call yang diikuti oleh 20 negara.

Sementara itu, sisanya ialah seniman terpilih yang diundang langsung oleh penyelenggara acara, seperti di antaranya Wedha Abdul Rasyid dan Sundae Kids yang turut hadir dalam pembukaan JICAF 2024.

“Sebagai ilustrator, selama ini saya kebanyakan berkarya di belakang layar tanpa tahu bagaimana persisnya karya-karya saya diterima oleh publik. Jadi ajang semacam JICAF ini memang sudah semestinya diadakan, sehingga para perupa bisa langsung berinteraksi dengan publik,” ungkap Wedha.

Sundae Kids, duo ilustrator asal Bangkok, Thailand, yang menjadi salah satu seniman sorotan di acara ini turut hadir menambah keberagaman seni ilustrasi di Indonesia.

“Ini merupakan kali pertama kami datang ke Jakarta. Kami sangat senang dapat berpartisipasi dan bertemu dengan penggemar karya kami di sini. Kami menghadirkan komik strip hingga berbagai merchandise yang dapat dibeli,” ungkap Pratchaya Mahapauraya dalam kesempatan sama.

Adapun tiket JICAF 2024 tersedia mulai dari Rp75.000 untuk hari biasa (weekdays membership), Rp85.000 untuk akhir pekan (weekend membership), dan Rp165.000 untuk VIP membership.

Informasi lebih lanjut mengenai detail acara dan seniman yang berpartisipasi dapat dilihat di Instagram @j.icaf, ya!

“Kami berharap JICAF 2024 dapat menjadi ruang di mana seniman, kolektor, dan publik dari berbagai latar belakang dapat bertemu, berbagi, dan terinspirasi,” tutup Sunny.