TFR

View Original

ARTSUBS hadirkan pameran seni rupa berskala nasional di Surabaya

Tak lama lagi, Surabaya akan menggelar pameran seni terbesar berskala nasional bertajuk ARTSUBS 2024. Ini merupakan perhelatan ARTSUBS untuk pertama kalinya yang menyajikan pemetaan seni rupa kontemporer Indonesia dengan mengajak lebih dari 150 seniman untuk memamerkan karyanya.

ARTSUBS 2024 direncanakan akan berlangsung mulai dari 26 Oktober hingga 24 November 2024 di Pos Bloc Surabaya. Nantinya, lebih dari 150 seniman yang bergabung akan memamerkan sekitar 200 karya seni di ruang pamer seluas total 3895 meter.

Mengangkat tema “Ways of Dreaming”, ARTSUBS 2024 ingin menyampaikan  bahwa banyak jalan yang dapat ditempuh untuk mencapai mimpi menuju modernitas. Karya-karya seni rupa kontemporer ini menunjukkan imajinasi sosial yang mengandung aspirasi dan fantasi tentang perubahan berbagai sisi kehidupan seni di Indonesia di masa sekarang maupun di masa depan.

Karena itu, para seniman selalu menghasilkan karya dengan caranya masing-masing untuk mewujudkan mimpi dari fantasi mereka sendiri. Karyanya pun meng-highlight kemajuan dan modernitas yang ada di dunia seni.

Sayangnya, masih banyak ruang-ruang publik di beberapa daerah di Indonesia yang belum menyediakan tempat untuk karya seni dipamerkan. Dari sini, ARTSUBS pun melihat peluang bahwa sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya sebenarnya memiliki potensi yang besar untuk menyajikan acara seni.

Pasalnya, Surabaya sendiri memiliki sumber daya yang sangat besar untuk semakin mendekatkan seni rupa kontemporer ke berbagai lapisan masyarakat di sana. Ini juga yang mendasari pemilihan tema “Ways of Dreaming”, sebab ARTSUBS bagaikan mimpi yang ingin diwujudkan bersama untuk membawa seni ke Surabaya.

“Ada beberapa program yang akan kita lakukan, salah satunya yaitu exhibition tour yang dapat diikuti oleh umum. Selain itu, ada juga merchandise tour mulai dari art toys, buku, komik, and other merchandise. Ini mix of our own ARTSUBS merchandise dan beberapa item berkolaborasi dengan seniman,” jelas Jewel, Partnership Manager ARTSUBS.

“Kita juga memiliki beberapa program lainnya, seperti public workshops, diskusi, gallery tour, dan artist talk dari beberapa seniman,” tambahnya.

Baca Juga: ICAD 14 angkat tema “UNEXPECTED”, hadirkan seni dengan sudut pandang tak terduga!

Menghadirkan nama-nama besar di dunia seni Indonesia

Perhelatan yang diadakan untuk pertama kalinya ini akan menjadi pintu yang membuka kesempatan lain untuk mengadakan lebih banyak lagi acara seni di Surabaya. Sebab, ARTSUBS direncanakan untuk diselenggarakan setiap tahunnya agar bisa mengisi kekosongan seni di Surabaya.

Di sini, ARTSUBS menjadi representasi dan pemetaan dari kerja seni rupa kontemporer Indonesia. Di sini, keragaman menjadi kunci yang memamerkan berbagai hasil karya dalam berbagai bentuk, medium, dan gagasan artistiknya.

Nama besar pun dihadirkan dalam ARTSUBS pertama ini, tak hanya seniman, tetapi ada pula arsitek yang turut memadukan arsitektur menjadi karya menarik. Beberapa yang akan hadir, yaitui Agus Suwage, Andra Matin, Ichwan Noor, Putu Wirantawan, dan masih banyak lagi.

Dalam kesempatan press conference pada Kamis, 10 Oktober di Jakarta, perwakilan dari seniman dan arsitek, Lini Natalini Widhiasi dan Yori Antar yang turut meramaikan ARTSUBS pun hadir untuk memberikan sedikit gambaran terkait penyelenggaraan dan karya yang akan mereka tampilkan di sana.

“Awalnya saya merasa bingung ketika diajak ikut ARTSUBS, karena biasanya kalau saya pergi ke Surabaya, saya menjadi arsitek,” ujar Yori Antar ketika menjelaskan bagaimana perasaannya ketika diajak untuk bergabung dengan ARTSUBS.

Sedangkan Lini Natalini Widhiasi membocorkan sedikit bahwa ia akan menghadirkan karya dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan karyanya yang sebelumnya ditampilkan di Galeri Nasional.

Dengan tiket seharga Rp100.000 untuk umum dan Rp50.000 untuk pelajar, ARTSUBS berniat merangkul 100 ribu pengunjung selama pameran berlangsung selama sebulan.

Pembukaannya akan dilangsungkan pada Sabtu, 26 Oktober 2024 pukul 16.00 oleh kolektor Surabaya Sunarjo Sampoerna. Untuk informasi lebih lanjut, bisa kunjungi @art.subs di Instagram!