5 aktivitas seru yang akan hadir di Jakarta Doodle Fest!

TFR akan segera menggelar selebrasi yang menyoroti praktisi dan produk seni visual, mulai dari desain grafis hingga animasi, bertajuk Jakarta Doodle Fest (JDF).

Acara yang akan berfokus pada kekayaan intelektual orisinal dari para kreatornya ini akan diselenggarakan selama tiga hari, yakni pada 27-29 Oktober 2023 mendatang di M Bloc Space, Jakarta Selatan.

Menuju penyelenggaraannya, TFR telah menggelar sejumlah sederet rangkaian pra-acara, dimulai dari Creator Speed Dating yang mempertemukan para pegiat seni visual serta JDF Art School Roadshow di Jakarta dan Bandung.

Menariknya, Jakarta Doodle Fest akan melibatkan para desainer, seniman, dan ilustrator lokal lewat persembahan sejumlah rangkaian acara seru!

Adalah speaker session dan lokakarya, pameran, art market, aktivasi dan spot foto, sampai acara menghibur dengan bintang tamu spesial.

Nah, seperti apa detail berbagai aktivitas seru yang dapat diikuti oleh para pelaku dan penikmat seni nantinya? Simak artikel ini sampai selesai!

Baca juga: 6 seniman ini akan pamerkan karyanya di Jakarta Doodle Fest! (Part 1)


5 aktivitas seru di Jakarta Doodle Fest

1. Speaker sessions dan lokakarya

Salah satu yang menjadi rangkaian acara utama JDF ialah speaker session dan workshop (lokakarya). Segmen ini akan dipandu oleh para anggota komunitas dan Board of Doodlers JDF yang berasal dari latar belakang berbeda-beda di dunia seni visual.

Lebih dari 20 pembicara akan hadir untuk berdiskusi pada segmen ini. Topik dan praktik yang ditawarkan pun begitu beragam, mulai dari seputar karier, fenomena, dan praktis dari para narasumber.

Kedua rangkaian acara ini bertujuan untuk menginspirasi, memberikan edukasi, dan sebagai wadah pengembangan praktik seni atau desain para pesertanya.

Selain itu, segmen terbesar di JDF ini juga menghubungkan para praktisi pemula dan publik dengan para praktisi berpengalaman.

Jakarta Doodle Fest telah mengumumkan deretan topik dan pembicara yang akan menjadi narasumber di Instagram @jakartadoodlefest, termasuk di antaranya ialah Alvinxki, Faza Meonk (Kreator Si Juki), Junissa Bianda, Mohammad Taufiq (Emte), Gumpita Rahayu (Tokotype), Claudia Novreica (Grafis Nusantara), dan Wastana Haikal!

2. Pameran

Selanjutnya, Jakarta Doodle Fest juga akan menyelenggarakan pameran yang menampilkan karya dari 15 seniman tanah air!

Mereka akan memamerkan karya-karya terbaik mereka. Beberapa dari 15 seniman yang berpartisipasi juga akan menjual karyanya, lho, sehingga kamu bisa langsung membawa pulang karya yang kamu sukai.

Para seniman yang akan ikut serta ialah Alvinxki, Debora Erliano Yuza, Dennys Fadhil, Fivust Rana Agriwastora, Godmatter, Gusde Sidhi, Mohammad Taufiq (Emte), Ode Baskara, Pushy Doodle, Rifkykrismon, Santi Wai Zakaria, Testa “Doctor Poop” Siregar, Tsalitsa Kamila dari Studio Kolam Susu, dan Willam Davis (WD).

Berbeda dengan segmen speaker sessions dan lokakarya, pameran ini dapat dinikmati secara gratis oleh pengunjung.

JDF juga membuka art submission yang didukung oleh POCO, lho. Pemenang yang beruntung berkesempatan untuk memamerkan karyanya bersama ke-15 seniman keren JDF dan memperoleh ponsel POCO X5 Pro 5G!

Baca juga: 6 seniman ini akan pamerkan karyanya di Jakarta Doodle Fest! (Part 2)

3. Art market 

Bagi yang suka mengoleksi produk atau karya yang menggemaskan, Jakarta Doodle Fest juga akan menghadirkan art market yang diisi oleh lebih dari 30 tenants!

Kamu bisa membeli beragam koleksi merchandise menggemaskan yang merupakan kreasi para seniman.

Sejumlah brands yang akan ikut serta dalam kegiatan ini di antaranya Rosupoku, Si Juki, Sarkodit, Senikanji, Somethingstokeep, Phantasien, Telusur Kultur, hingga Trinket by Kath.

Uniknya, beberapa tenants hadir untuk menjual jasa mereka, seperti Illustrasee yang akan membuka jasa review portofolio ilustrasi kamu dan Mystic Insight yang menawarkan jasa tarot reading.

4. Aktivasi dan spot foto

Tak ketinggalan, aktivasi dan spot foto yang dihadirkan khusus bagi kamu yang ingin mengabadikan keseruan acara debut TFR!

Di Jakarta Doodle Fest, kamu juga bisa menikmati beragam aktivasi dari para seniman terpilih serta memotret momen seru di acara ini di titik yang sudah disediakan.

Untuk aktivasinya sendiri, akan ada lima kegiatan seru yang bisa diikuti, yakni Live Wheatpaste oleh Godmatter, Live Doodle oleh Pushy Doodle, Live Drawing oleh Hush, Live Mural oleh Larilari_kecil, Sharing Session oleh Akoma, dan “Sweater” Performance oleh Teater Tutur Rupa x Shadow Stories.

Aktivasi ini juga dapat disaksikan secara gratis oleh pengunjung yang telah memperoleh tiket masuk publik.

Baca juga: Digelar di Jakarta dan Bandung, Jakarta Doodle Fest Roadshow disambut antusias

5. Cosplay dan penampilan musik

Di malam hari, akan ada segmen seru yang dikhususkan untuk menghibur para pengunjung, yakni cosplay dan penampilan musik bersama bintang tamu spesial JDF!

Adalah Kaiju Bop dan Mari Party yang akan meramaikan Jakarta Doodle Fest. Untuk diketahui, Kaiju Bop ialah pesta musik dan tarian cosplay terbesar serta terbaik pertama di Asia Tenggara.

Sementara itu, Mari Party yang dibawakan oleh Dante dan Dinbo merupakan pendatang baru di skena karaoke yang membawakan tema “Pop Indo Centil 2010-an”. 

Di JDF nanti, mereka akan mempersembahkan beragam lagu centil dari tahun tersebut, mulai dari lagu ST12, SMASH, Kangen Band, hingga Cherrybelle.

Apabila kamu tertarik untuk menjadi bagian Jakarta Doodle Fest pertama, tiket untuk mengikuti rangkaian acaranya sudah bisa dibeli di Loket.com, ya! Informasi lebih lanjut seputar acara ini dapat dilihat di Instagram @jakartadoodlefest.