“Ngeri-Ngeri Sedap” akan tayang khusus penyandang tunanetra di JAFF 2022

Ngeri-Ngeri Sedap” akan tayang di festival film Asia sekaligus terbesar di Indonesia, Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2022 bersama dengan film-film lainnya.

Menariknya, film besutan sutradara Bene Dion Rajagukguk itu bakal tayang dalam Bioskop Bisik, sebuah program yang secara khusus dipersiapkan agar orang-orang tunanetra dapat menikmati film.

“JAFF ingin festival ini bisa dirayakan semua orang, termasuk teman-teman disabilitas,” ujar Program Director JAFF 2022, Alexander Matius, dalam konferensi pers, dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (18/11).

Menurutnya, Bioskop Bisik bukanlah sesuatu yang baru. Bisa begitu karena ternyata program serupa sudah beberapa kali dilakukan melalui komunitas.

Berkat program sejenis, teman-teman tunanetra nantinya bisa menyaksikan film dengan bantuan relawan yang akan memberikan gambaran detail sepanjang pemutaran film.

Tidak hanya mengenai alur cerita, melainkan juga penjelasan terkait ekspresi wajah, gerakan tak terucap, sampai latar dan kostum yang dipakai pemain dalam film.

Di samping itu, “Ngeri-Ngeri Sedap” terpilih menjadi salah satu film yang ditayangkan lantaran memiliki unsur dialog yang kuat, sehingga Matius menilai film ini tepat untuk ditayangkan.

“Kenapa “Ngeri-Ngeri Sedap”? Pertama, karena itu salah satu film yang bagus tahun ini. Kedua, harus diakui juga kami mencari film yang juga tak minim dialog,” ungkap Matius.

Dengan begitu, teman-teman tunanetra dapat mendapat penjelasan visual dari para relawan sekaligus mendengar langsung dialog dari para pemain dalam film.

Ngeri-Ngeri Sedap” sendiri merupakan salah satu film Indonesia paling sukses tahun ini. Bahkan, film yang dibintangi oleh Arswendy Bening Swara dan Tika Panggabean itu terpilih untuk mewakilkan Indonesia di Piala Oscar 2023 dalam kategori Best International Feature Film.

Sementara itu, gelaran ke-17 JAFF akan berlangsung secara hybrid mulai 26 November sampai 3 Desember mendatang. Acara yang mengusung tema “Blossom” itu akan menayangkan 137 film dari 19 negara regional di Asia di Empire XXI Yogyakarta (luring) dan KlikFilm (daring).

Penonton bisa menyaksikan drama komedi “Ngeri-Ngeri Sedap” di Empire XXI Yogyakarta pada 27 November pukul 16.30 WIB dengan membeli tiket melalui Tix ID yang telah dibuka pada 19 November.