Podcast Noice milik Mahaka Radio Integra terima pendanaan Rp316 miliar

CEO Noice Rado Ardian mengumumkan perolehan putaran pendanaan Seri A senilai $22 juta atau sekitar Rp316 miliar. Pendanaan itu dipimpin oleh Northstar dan diikuti oleh sejumlah investor, seperti Alpha JWC, Go-Ventures, dan Kinesys.

Startup konten audio besutan Mahaka Radio Integra (MARI) tersebut akan memanfaatkan dana segar ini untuk memperbanyak akuisisi konten dan pengembangan teknologi.

"Investasi ini akan kami gunakan untuk mengembangkan komunitas kreator, platform teknologi, dan memperluas cakupan konten audio series untuk menghadirkan cerita-cerita terbaik Indonesia dari komunitas penulis/storytellers lokal dan mengadaptasinya ke dalam format audio," kata Rado dalam siaran pers pada Rabu (20 April).

Rado juga mengatakan bahwa pendanaan ini akan menandai tonggak pencapaian Noice berikutnya.

Seperti yang telah diumumkan Rado di awal tahun ini, Noice telah memperluas pilihan beragam konten podcast-nya. Perluasan konten tersebut dilakukan melalui kolaborasi dengan berbagai tokoh dan influencer, seperti Raffi Ahmad, Arief Muhammad, dan Jerome Polin.

Belum lama ini, Noice juga berkolaborasi dengan komunitas penulis lokal Indonesia untuk meluncurkan konten terbaru dalam format audio drama series.

Noice telah memiliki lebih dari dua juta pengguna dan mengalami peningkatan jumlah pengguna sebanyak empat kali lipat sejak 2021. Pendengar Noice menghabiskan lebih dari 80 menit setiap harinya untuk 40.000 lebih konten yang telah disediakan.

Managing Partner Northstar Group Patrick Walujo mengatakan bahwa konten digital audio menjadi salah satu kategori media yang memiliki pertumbuhan tercepat dan memiliki miliaran pendengar secara global. 

"Noice sendiri telah berkembang menjadi platform teknologi yang memiliki dampak sosial dalam mendukung para konten kreator berbakat, storyteller, pembawa acara talk show hingga artis untuk menghadirkan konten yang berkualitas," kata Patrick.