Jual ponsel tanpa charger, Apple dan Samsung didenda

Sejak memproduksi iPhone 12, Apple tidak lagi menjual ponsel yang disertai charger. Begitu pula Samsung setelah memasarkan Galaxy S21. Kedua perusahaan tersebut menyebut faktor kelestarian lingkungan sebagai alasan keputusan mereka. Sayangnya, banyak konsumen yang tidak setuju dan akhirnya mengajukan gugatan kepada Apple dan Samsung. Konsumen beranggapan bahwa harga ponsel tidak banyak berubah, jadi aneh jika tidak dilengkapi dengan charger.

Kementerian Kehakiman Brazil menerangkan bahwa lebih dari 900 departemen procon Brazil dapat mengambil tindakan hukum terhadap perbuatan Samsung dan Apple ini. Saat ini, departemen-departemen ini sedang memaparkan dan mencari solusi untuk memutuskan apakah sanksi diperlukan dalam gugatan ini.

Sejauh ini, Apple dan Samsung telah didenda sebesar 26 juta real atau sekitar Rp77.7 miliar di Fortaleza. Belum jelas apakah angka ini adalah jumlah keseluruhan atau denda individual.
Sammobile menuliskan bahwa untuk produk lainnya, khususnya Samsung Galaxy A53, Samsung Brazil menyediakan charger, padahal di negara-negara lain tidak disediakan. Hal ini diduga untuk menghindari tuntutan lebih lanjut.