Steve Jobs dianugerahi penghargaan “Presidential Medal of Freedom”

Hari ini, tepat pada 7 Juli, pendiri Apple mendiang Steve Jobs akan menerima penghargaan “Presidential Medal of Freedom” di Gedung Putih. Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat atau AS, Joe Biden telah mengumumkan daftar nama 17 penerima penghargaan tersebut pada 1 Juli kemarin.

Presidential Medal of Freedom” sendiri merupakan bentuk penghargaan tertinggi dari negara untuk warganya yang telah memberikan teladan dan sumbangsih dalam bidang kemakmuran, nilai-nilai, dan keamanan demi AS, termasuk dalam hal perdamaian dunia atau upaya sosial, publik atau swasta lain dengan dampak signifikan.

Steve Jobs diberi penghargaan dengan gelar “posthumous” yang artinya diberikan untuk orang yang telah meninggal dunia. Mendiang dihargai untuk jasa-jasanya dalam bidang teknologi.

Melansir The White House (4/7) visi, imajinasi, dan kreativitasnya semasa hidup telah menghasilkan penemuan yang terus digunakan hingga sekarang. Tidak hanya mengubah cara dunia berkomunikasi, ia juga memberikan perubahan besar di bidang industri komputer, musik, film, dan nirkabel.

Melansir The Verge, selain mendirikan Apple pada 1976, Steve Jobs juga menjadi Chief Executive Officer dari studio film animasi Pixar hingga 2006. Bahkan, Steve Jobs pun memiliki pengaruh besar dalam dunia animasi komputer yang ditandai dengan kemunculan film “Toy Story” pada 1995. Betapa tidak, rupanya, “Toy Story” adalah film di mana karakter hingga lokasinya dibangun menggunakan komputer.

Jobs juga diketahui mengambil peranan besar dalam Disney di mana ia membantu menciptakan model bisnis baru di dunia hiburan, yakni mengubah Disney menjadi media online. Kesepakatan antara Jobs dengan Disney ditandai dengan penjualan film “ABC” yang bisa diunduh melalui iPod.

Toh, seperti yang kita tahu, mendiang Steve Jobs pada dasarnya dikenal dengan inovasinya yang menciptakan produk Apple, seperti Macintosh, iPod, Macbook, iPhone, dan iPad.