Poster drakor terbaru “Little Women” dituding plagiarisme

Tepat pada Senin (5/9) kemarin, poster drama Korea (drakor) terbaru tvN “Little Women" dituding menjiplak poster promosi merek kosmetik Jepang Shiseido pada 2016 silam. 

Pasalnya, serial yang juga tayang di Netflix ini baru saja dirilis Sabtu (3/9) kemarin dan dibintangi oleh tiga aktris papan atas, yakni Kim Go Eun, Nam Ji Hyun, dan Park Ji Hu. 

Rupanya, melansir Soompi (5/9), dugaan plagiarisme ini bukan berasal dari jenama Shiseido langsung. Tudingan itu ternyata berasal dari banyaknya netizen yang mencurigai bahwa poster serial adaptasi karya sastrawan Amerika Louisa May Alcott tersebut mirip dengan poster Shiseido. 

Tak dapat dimungkiri, memang tampak kemiripan antara dua poster. Mulai dari warna kebiruan dari mayoritas bidang gambar, pose para karakter yang melangkah, hingga komposisi keseluruhan poster. 

Akan tetapi, pada hari yang sama, produser drakor terbaru tvN tersebut memberi respons terkait tudingan plagiarisme yang dilontarkan netizen. Namun, tim produksi “Little Women” tidak mengakui atau menyangkal tuduhan plagiarisme poster, serta tidak pula menyelesaikan tuduhan tersebut.

Alih-alih mengomentari masalah plagiarisme, produser “Little Women” hanya menjelaskan makna di balik posternya. “Poster tersebut adalah poster teaser dengan konsep tiga saudara perempuan dan bayangannya berjalan menuju tempat terang,” ujar sang produser kepada Edaily Korea (5/9).

Tidak hanya itu, dirinya pun turut menambahkan, “Kami akan lebih memperhatikan detailnya melalui tinjauan awal yang menyeluruh di masa mendatang.”

Meskipun begitu, di sisi lain, serial “Little Women” yang baru rilis ini tetap berhasil menembus rating 9,7 IMDb. Secara singkat, serial ini berkisah tentang tiga saudara perempuan yang tumbuh secara miskin, tiba-tiba harus menghadapi keluarga terkaya dan terkuat di Korea dengan cara mereka sendiri.