Amazon akan jual konten orisinal Prime Video ke layanan streaming lain

Amazon memiliki rencana untuk menjual beberapa konten, seperti serial dan film orisinal Amazon Prime Video ke platform streaming lain.

Melansir The Verge (9/5), hal ini selaras dengan langkah perusahaan yang membentuk Amazon MGM Studios untuk menangani penempatan acara dan filmnya di layanan streaming lain.

Beberapa contoh konten orisinal tersebut antara lain “The Marvelous Mrs. Maisel”, “Hunters”, “All the Old Knives”, dan masih banyak lagi.

Hal ini berarti beberapa acara dan film yang dulunya eksklusif untuk Prime Video dapat ditayangkan di jaringan kabel dan layanan streaming lainnya.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan termasuk layanan yang menawarkan televisi streaming yang didukung iklan gratis (FAST) dan video on demand (AVOD) berbasis iklan. 

Alasan dibentuknya Amazon MGM Studios

Pembentukan divisi khusus ini menandakan bahwa perusahaan ini ingin melakukan lompatan yang lebih besar ke dalam distribusi konten.

Pasalnya, saat ini para penyedia layanan streaming berjuang untuk menjangkau pemirsa baru.

Lantas, divisi terbaru ini dibangun dari tim distribusi MGM, yang sudah ada dan dikendalikan oleh Amazon setelah mengakuisisi studio film tersebut tahun lalu.

Pasalnya, MGM ialah studio di balik sederet konten dan film populer. Sebut saja serial dan waralaba “The Handmaid's Tale”, “Rocky”, “Creed”, dan James Bond.

Baca juga: Serikat penulis Hollywood akan melakukan aksi demo terkait kompensasi penulis

Lantas, melansir sumber yang sama, Chris Ottinger yang memimpin divisi distribusi MGM juga akan mengepalai Amazon MGM Studios Distribution.

Kehadiran divisi baru itu juga akan memungkinkan perusahaan menangani penjualan waralaba milik MGM karena Ottinger akan terus melisensikan konten MGM.

Hadir di tengah mogok kerja para penulis Hollywood

Bagi Ottinger, langkah yang dilakukan Amazon ini adalah kesempatan yang menarik untuk menghadirkan konten berkualitas dan segar. 

Demi memenuhi kebutuhan konten individu tiap penontonnya, Amazon akan mendobrak pakem penjualan saat ini dengan menciptakan paket khusus.

Namun, di sisi lain, hal yang menjadi sorotan adalah rencana Amazon untuk menjual lebih banyak kontennya terjadi di tengah pemogokan kerja penulis Hollywood.

Tak bisa dimungkiri, rencana yang dimiliki oleh Amazon ini dapat memengaruhi bayaran para penulis, konten serial hingga film, di masa depan.

Pasalnya, apa yang diperoleh penulis dari konten layanan streaming ialah titik perdebatan besar dalam demo Writers Guild of America (WGA).