Ikan peliharaan main Nintendo Switch dan habiskan tagihan kartu kredit pemiliknya di Jepang

Ikan peliharaan bermain Nintendo Switch dan habiskan tagihan kartu kredit pemiliknya.

Seekor ikan peliharaan di Jepang menghabiskan tagihan kartu kredit pemiliknya ketika bermain Pokémon di Nintendo Switch.

Peristiwa unik yang terekam secara real time di internet dalam sebuah siaran langsung di YouTube itu turut menampilkan bagaimana ikan-ikan tersebut mengaktifkan akun PayPal dalam gim sampai mengubah avatar pemiliknya.

Melansir CNN, ikan peliharaan yang dimaksud merupakan ikan milik YouTuber Jepang yang dikenal dengan nama Mutekimaru.

Dalam kanal YouTube miliknya, Mutekimaru memang terkenal di komunitas gaming karena video-videonya yang menampilkan sekelompok ikan cupang “bermain” video game.

Terkait caranya, Mutekimaru memasang perangkat lunak (software) pelacak deteksi gerak pada tangki ikan yang memungkinkan ikan-ikan di dalamnya mengontrol konsol Nintendo Switch dari jarak jauh.

Bahkan, dikutip dari Insider, sejumlah ikan cupang yang diberi nama Maurice, Moo, dan Ponyo itu berhasil menang bermain berbagai gim Pokémon dengan cara berenang di dalam tangkinya.

Akan tetapi, teknologi tersebut membuat ikan-ikan tersebut melakukan hal tidak terduga ketika ia tengah melakukan siaran langsung pada awal bulan ini.

Baca juga: Pokémon Scarlet and Violet” jadi gim dengan penjualan tercepat dalam sejarah Nintendo

Saat itu, Mutekimaru sedang meninggalkan siaran untuk beristirahat. Namun, gim justru mengalami crash karena eror pada sistem. Di sisi lain, ikan-ikan tersebut masih terus berenang dan mengontrol konsol ketika eror terjadi. 

Dalam siaran yang berlangsung selama tujuh jam, sejumlah ikan peliharaan Mutekimaru berhasil mengubah nama akun Switch pemiliknya dan masuk ke Nintendo store, di mana para pemain bisa melakukan pembelian gim dan konten berbayar lainnya.

Ikan peliharaannya juga “membaca” syarat dan ketentuan gim, mengunduh avatar baru, sampai memasang akun PayPal dalam Switch.

Di samping itu semua, ikan-ikan itu menambahkan 500 yen atau sekitar Rp58.000 dari kartu kredit ke akun Switch Mutekimaru. Akibatnya, penonton pun bisa melihat detail informasi kartu pemiliknya.

Insiden yang akhirnya viral di Twitter hingga akun Mutekimaru banjir komentar ini mengundang tawa dari ribuan pengguna media sosial Jepang. 

Adapun Mutekimaru mengatakan ia telah menghubungi pihak Nintendo untuk menjelaskan apa yang terjadi dan meminta pengembalian dana kartu kredit yang masuk ke akunnya.