NuArt Family Art Month hadirkan rangkaian kegiatan seni untuk anak

NuArt Sculpture Park memperkenalkan inisiatif bertajuk Family Art Month untuk menginspirasi dan menghubungkan keluarga serta anak-anak melalui ragam kegiatan seni menarik.

Inisiatif yang akan berlangsung selama sebulan penuh ini berlangsung mulai 25 Mei hingga 14 Juli 2024 di NuArt Sculpture Park, Bandung.

Latar belakang hadirnya NuArt Family Art Month ini ialah karena anak membutuhkan stimulasi yang kuat untuk menghadirkan daya imajinasi seni.

Tujuan dari kegiatan ini tentunya untuk menumbuhkan pengalaman belajar yang bermakna mendorong keluarga dan anak-anak agar secara aktif dapat terlibat dengan dunia di sekitar mereka melalui cara menyenangkan serta inovatif.

Oleh sebab itu, NuArt Family Art Month hadir sebagai wadah di mana anak-anak dapat belajar, berimajinasi, dan berkolaborasi untuk menghasilkan suatu karya seni.

“Ini merupakan wahana yang menampilkan kehangatan dan keramahan keluarga. Family Art Month dapat menjadi tempat berkumpulnya keluarga,” jelas Direktur NuArt Sculpture Park Tania Madiadipoera, dikutip dari siaran pers yang diterima TFR, Selasa (28/5).

Baca juga: Gandeng seniman Darbotz, Monster Playground bukan sekadar taman bermain

Menghadirkan pameran hingga permainan seru

Selama sebulan penyelenggaraannya, akan tiga rangkaian kegiatan. Salah satunya ialah REEXP (Recycle Experience) Solo Exhibition berjudul “Hocus Pocus!” yang menjadi acara pembuka.

Kemudian ada pula kegiatan Family Days Out, di mana anak-anak bersama keluarganya dapat belajar mengapresiasi seni.

Selain itu, mereka akan belajar mendalami bagaimana seni dapat tumbuh dan ditemukan dari hal-hal kecil dan sederhana dalam keseharian.

Pembelajaran seni yang menyenangkan melalui permainan dan interaksi bersama orang tua ini juga diharapkan dapat memengaruhi perkembangan mental anak.

Dengan begitu, anak pun dapat belajar mengekspresikan dirinya, meningkatkan konsentrasi, membangun kerja sama dan tanggung jawab, serta meningkatkan rasa kepercayaan dirinya.

Terlebih acara ini juga menghadirkan kolaborasi yang melibatkan berbagai nama besar dalam dunia seni.

Mulai dari Ibukardus, LOKUS Foundation, Alumni Gulali Lab (Ulangalik, Bude x Semesta Tari), Bengkimut & 4friends, dan Climate Fresk.

Lebih jauh, NuArt Family Art Month akan dimeriahkan dengan berbagai acara satellite yang tak kalah menarik!

“Kami di NuArt percaya pengembangan daya seni dan kreativitas dapat dibangun sejak dini. Apalagi jika orang tua turut memberikan dukungan apresiasi, tentu bisa semakin menambah kepercayaan diri pada anak,” ujar Tania.

Ia kemudian melanjutkan, “Melalui kegiatan ini, seorang anak bukan saja mampu membentuk jiwa seni, namun juga diharapkan mampu memberikan apresiasi pada karya seni.”

Ke depannya, harapannya NuArt Family Art Month dapat menjadi agenda seni yang diselenggarakan secara rutin atau bahkan menjadi biennale seni yang diakui secara luas.