Phantasien akan rilis karya terbaru dalam bentuk kartu remi

Seniman asal Jakarta Anindya Anugrah atau yang lebih dikenal dengan pseudonim Phantasien, baru saja merilis karya terbaru dalam bentuk kartu remi.

Kartu remi berjudul “A Deck of Fantasies” itu memuat ilustrasi penuh warna yang menjadi ciri khas Phantasien. Uniknya, masing-masing kartu memiliki warna yang berbeda, dengan total keseluruhan mencapai 52 ilustrasi.

Dengan demikian, kartu remi tersebut dapat menawarkan suguhan visual, baik ketika dimainkan dengan teman-teman terdekat ataupun digunakan untuk keperluan lain.

Pasalnya, kartu ini tak hanya dapat dimainkan, tetapi juga bisa dialihfungsikan sebagai pembatas buku dan keperluan lainnya.

Terkait detail ilustrasi kartu tersebut, Anindya menampilkan berbagai tema yang diminatinya, seperti tumbuh-tumbuhan dan kucing.

Baca juga: Gaya vs identitas visual: Apa perbedaannya?

Realisasi impian Anindya

Ia mengungkapkan, membuat kartu remi merupakan salah satu impiannya sebagai ilustrator. Setelah dua tahun dikembangkan, akhirnya impian itu berhasil terealisasikan.

Ya, proses pembuatan “A Deck of Fantasies” telah dimulai sejak Oktober 2021 lalu ketika Anindya membuat enam ilustrasi animasi kartu bertajuk “Odd Miraculum” yang dijualnya dalam format NFT.

“A Deck of Fantasies” mulai dibuat usai seorang teman senimannya meyakinkan Anindya untuk membuat satu set kartu remi utuh.

“Setelah nyaris dua tahun mengerjakannya secara on-and-off, saya akhirnya bisa menyelesaikan kartu remi ini,” jelas Anindya dalam keterangan tertulis yang diterima TFR.

Kartu remi sendiri dipilih karena jumlah kartunya yang terbatas, berbeda dengan kartu lain seperti kartu tarot. Selain itu, Anindya melihat kartu sebagai benda unik yang memukau.

“Kartu merupakan satu set kertas persegi panjang yang bisa menyatukan orang banyak sejak pertama kali diciptakan berabad-abad yang lalu,” jelasnya.

Nah, dalam rangka perilisan karya terbarunya ini, Phantasien akan menggelar acara di dua kota, yakni Jakarta pada 6-8 Oktober mendatang di Sunset Limited, Grand Wijaya dan Bandung pada 15-22 Oktober di Grammars.

Kedua acara tersebut akan menampilkan berbagai ilustrasi yang terdapat pada kartu remi itu. Acara akan makin seru karena akan diramaikan oleh Turnamen Capsa dan Turnamen Card-Stacking.

Informasi lebih lanjut mengenai “A Deck of Fantasies” atau acara peluncurannya bisa kamu lihat di Instagram @_phantasien.