Produksi musim kelima “Stranger Things” tertunda akibat aksi mogok penulis

Musim kelima serial “Stranger Things” menjadi acara televisi terbaru yang mengumumkan penundaan produksinya lantaran aksi mogok kerja yang dilakukan Writers Guild of America (WGA) sejak Selasa (2/5) lalu.

Kabar terbaru mengenai produksi untuk musim terakhir acara Netflix tersebut diumumkan oleh Duffer Bersaudara (Duffer Brothers), Matt dan Ross Duffer, melalui akun resmi mereka.

Pasalnya, penulisan naskah tidak berhenti meskipun proses syuting dimulai. Sebelumnya, hal senada juga diungkapkan oleh sejumlah acara televisi dan film lain yang ingin memulai produksinya.

“Penulisan naskah tidak berhenti ketika syuting dimulai. Meskipun kami sangat senang untuk memulai produksi bersama cast dan kru yang luar biasa, ini menjadi tidak mungkin selama aksi berlangsung,” cuit keduanya, dikutip dari Movie Web, Senin (8/5).

Mereka kemudian turut mengutarakan harapannya, “Kami berharap kesepakatan yang adil dapat segera tercapai agar kami dapat kembali bekerja.”

Sementara itu, menurut laporan Deadline, belum ada jadwal baru kapan produksi untuk musim terakhir “Stranger Things” akan dimulai.

Sebelumnya, Duffer Brothers telah mengumumkan bahwa naskah untuk musim terakhir “Stranger Things” sudah mulai ditulis sejak 2 Agustus 2022 lalu.

Baca juga: Serial animasi “Stranger Things” dikabarkan segera tayang di Netflix

“Stranger Things” akan terus berekspansi ke depannya

Walaupun serial “Stranger Things” akan segera berakhir, tetapi ini bukan terakhir kalinya penggemar salah satu serial Netflix akan melihat dunia Upside Down.

Pasalnya, Netflix telah mengonfirmasi akan segera memproduksi adaptasi serial ini dalam bentuk animasi. Duffer Brothers disinyalir juga berencana untuk membuat spin-off.

Akan tetapi, belum diketahui dalam bentuk apa spin-off tersebut akan diluncurkan, terlebih dengan adanya demo di kalangan penulis yang berimbas pada penundaan produksinya.

Diprediksi bahwa spin-off itu tidak akan menceritakan karakter Eleven yang diperankan oleh Millie Bobby Brown, sebab ia telah mengungkapkan keinginannya untuk segera mengakhiri perjalanannya di “Stranger Things”.

Aktris itu bilang, “Saya benar-benar siap untuk mengakhiri (‘Stranger Things’). Saya rasa sudah cukup banyak cerita yang disampaikan dan seperti diketahui serial ini sudah ada di hidup kita cukup lama.”

“Saya sangat siap untuk mengucapkan salam perpisahan dengan perjalanan hidup saya di sini dan membuka peluang lainnya,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Adapun musim kelima “Stranger Things” diprediksi akan dirilis di Netflix pada 2024 mendatang. 

Dampak dari mogoknya para penulis

Adapun penundaan penayangan berbagai acara, serial, hingga film menandakan bahwa Hollywood akan segera menghadapi tahun-tahun menantang, seperti yang pernah terjadi pada 2007.

Meskipun masih ada kemungkinan “Stranger Things” tayang tahun depan di tengah aksi mogok kerja penulis, tampaknya penggemar harus bersiap terkait potensi penundaannya ke tahun 2025.

Selain “Stranger Things”, dikutip dari Pitchfork, beberapa acara televisi lain yang turut ditunda penayangannya adalah “The Tonight Show Starring Jimmy Fallon”, “Jimmy Kimmel Live!”, dan “The Late Show with Stephen Colbert”.