Gandeng desainer Hendro Hadinata, Robries ikuti pameran Salone Satellite di Milan

Perusahaan furnitur daur ulang plastik Robries bekerja sama dengan desainer Hendro Hadinata untuk melebarkan sayap di kancah internasional dengan mengikuti pameran Salone Satellite 2023 di Milan, Italia.

Hendro merupakan seorang desainer furnitur asal Jakarta yang dikenal lewat desain-desainnya yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan sampah plastik

Cara ini dilakukannya untuk memberikan kesempatan bagi plastik agar dapat kembali dimanfaatkan.

Sebagai desainer, Robries dan Hendro memiliki visi yang sama, yakni bagaimana pendekatan desain keduanya harus dapat menyelesaikan suatu permasalahan di sekitar.

Robries sendiri merupakan jenama yang berpegang pada prinsip “Experience Responsible Living” yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk desain di kehidupan sehari-hari.

Dengan memanfaatkan sampah plastik sebagai bahan utama desain furniturnya, Robries percaya bahwa tujuan untuk hidup secara bertanggung jawab dapat tercapai.

Melalui produk-produk yang dirancang dan diluncurkannya, merek ini memungkinkan klien serta pelanggan merasakan cara hidup yang lebih bertanggung jawab dengan memanfaatkan kembali plastik.

Robries juga berdedikasi untuk menciptakan komunitas yang melibatkan pemulung, pengelola sampah, donatur plastik, dan pelanggannya lewat pemanfaatan sumber dan keahlian lokal secara lebih maksimal.

Baca juga: ICAD tampilkan 17 desainer dan seniman di Milan Superdesign Show 2023

Koleksi dalam kolaborasi Robries x Hendro Hadinata

Kolaborasi antara Robries dan Hendro merupakan batu loncatan bagi kedua pihak untuk menyelesaikan masalah melalui desain yang dilatarbelakangi oleh isu fundamental yang ada di sekitar.

Salah satunya ialah isu sampah plastik yang hingga saat ini masih terus disorot. Dalam kolaborasi ini, Robries dan Hendro meluncurkan lampu dekorasi dengan sentuhan minimalis yang sangat versatile.

Mengusung konsep gerbang dan candi tradisional Indonesia, desain koleksi ini mencerminkan filosofi leluhur nusantara.

Gerbang Terbelah, yang populer di Jawa, Bali, dan Lombok, merupakan sumber inspirasi utama dalam menghadirkan koleksi ini.

Pasalnya, gerbang tersebut merupakan salah satu peninggalan arsitektur yang paling berdampak di Indonesia dan telah ada sejak ada zaman Majapahit. 

Selain itu, ada pula Candi Bentar yang menjadi sumber inspirasi lainnya. 

Robries dan Hendro berharap kolaborasi ini dapat menjadi titik balik dan memberikan kesempatan lebih besar bagi jenama, desainer, seniman, dan pebisnis Indonesia.

Koleksi kolaborasi Robries dan Hendro Hadinata dapat dinikmati di Salone Satellite 2023 di Rho Fiera, Milan, Italia pada 18-23 April 2023.