Digarap hitam putih, “Diary Kemala” bakal jadi animasi horor pertama Indonesia

Cerita hantu dengan genre komedi “Kemala” yang merupakan produk tembusan Webtoon kabarnya akan diadaptasi oleh rumah produksi Batavia Pictures menjadi film horor berjudul “Diary Kemala”. 

Berbeda dengan film horor pada umumnya, melansir Kompas.com (9/10), ternyata “Diary Kemala” akan dikemas dalam bentuk animasi dan ditayangkan pada layar lebar.

Penulis dari “Kemala”, Sweta Kartika menjelaskan bahwa dirinya ingin menyelesaikan season akhir dan cerita ini di Webtoon terlebih dahulu sebelum digarap menjadi sebuah film. Meskipun begitu, teaser dari karya adaptasi filmnya sudah ditayangkan dalam Comic Con 2020 pada Sabtu kemarin. 

“Saat ini kami masih fokus untuk menyelesaikan dahulu season terakhir di webtoonnya. Setelah itu lanjut pra produksi. Kami akan angkat ke layar lebar. Kemungkinan setelah film “GARUDA ELEVEN”, baru (Diary Kemala) akan diproduksi,” jelas Sweta.

Sweta juga mengklaim bahwa “Diary Kemala” akan menjadi film animasi horor pertama di Indonesia. 

“Secara yang kami tahu memang belum ada, sekalipun di luar negeri enggak ada juga, karena karakter hantunya genrenya komedi," jelasnya.

Tidak hanya itu, keunikan lainnya yang diusung oleh film yang diadaptasi dari Webtoon ini adalah animasinya akan ditampilkan dengan format hitam putih, layaknya film jaman dulu.

“Film animasi “Diary Kemala” akan dibuat hitam putih dengan sedikit memainkan cahaya. Kami fokus hitam putih tanpa banyak main cahaya dan nanti akan ada unsur sejarahnya. Jadi timeline-nya mundur ke belakang, disambungkan dengan keruntuhan negara Jawa sekitar tahun 1700-an,” terang Kartika.

Kartika juga memberikan sedikit bocoran tentang alur cerita film ini. Ia menceritakan bahwa Kemala adalah sosok hantu yang melihat kehidupan setelah kematian dan suramnya kehidupan manusia dari kacamata hantu. 

Menurutnya, hal tersebutlah yang akan membedakan “Diary Kemala” dengan film horor lainnya karena dalam film hantu umumnya menceritakan manusia yang melihat hantu dan itu sudah biasa.

Di samping itu, “Diary Kemala” dikabarkan akan tayang bersamaan dengan beberapa film lain produksi Batavia Pictures, yaitu “Rhiki Rhino 2”, “Garuda Eleven”, dan “Jagat Rimba”.