Adidas resmi putuskan kontrak kerja sama dengan Kanye West

Adidas resmi memutuskan hubungan dengan Kanye West karena anti-semitisme. Raksasa pakaian olah raga itu mengatakan bahwa mereka tidak menoleransi anti-semitisme dan segala jenis ujaran kebencian.

“Komentar dan tindakan Ye baru-baru ini tidak dapat diterima, penuh kebencian dan berbahaya, dan itu melanggar nilai-nilai perusahaan tentang keragaman dan inklusi, saling menghormati dan keadilan,” kata Adidas dalam sebuah pernyataan pada Selasa (25/10), sebagai mana melansir BBC (26/10).

Sebelumnya, kolaborasi merek Adidas Yeezy dengan sang rapper yang bernama Ye itu sedang ditinjau setelah ia menunjukkan desain kaos “White Lives Matter” di Paris Fashion Week (PFW) silam.

Beberapa hari kemudian, West mengunggah komentar anti-semit di akun Twitternya yang saat ini sedang ditangguhkan. Alhasil, Adidas akan segera menarik produk hasil kolaborasi dengan Ye dari penjualan.

Keputusan tersebut bulat meskipun kolaborasi merek Yeezy dengan Ye adalah salah satu yang paling sukses dalam sejarah perusahaan. Pasalnya, Adidas pun menyadari bahwa dengan membatalkan kemitraan dengan Ye, perusahaan akan mengalami kerugian bersih sebesar £217 juta tahun ini.

Di sisi lain, majalah Forbes memperkirakan hilangnya kemitraan dengan Adidas telah memangkas kekayaan bersih Ye dari $1,5 miliar menjadi $400 juta. Bahkan posisinya tak lagi sebagai miliarder.

Pasalnya, Ye yang telah didiagnosis dengan gangguan bipolar ini juga pernah menuduh Adidas mencuri desainnya melalui unggahan di akun Instagramnya yang sekarang sudah dihapus.