Nusameta hadirkan pengalaman terbaru Jakarta Fashion Week 2023 di metaverse

Untuk pertama kalinya, Jakarta Fashion Week (JFW) menghadirkan pengalaman fashion show yang berbeda di mana kreasi 21 desainer terkemuka Indonesia akan ditampilkan di dunia digital metaverse

Peragaan busana itu dilangsungkan dalam aplikasi Nusameta, hasil kolaborasi JFW 2023 bersama WIR Group, bersamaan dengan JFW 2023 di Pondok Indah Mall III mulai 24-30 Oktober 2022.

Sejumlah nama besar industri fesyen Indonesia akan menampilkan karyanya dalam Nusameta, seperti IKYK, Jeffry Tan, Peggy Hartanto, Rani Hatta, Wilsen Willim, Nagita Slavina, hingga Rama Dauhan. 

“Hadirnya Nusameta pada ajang JFW 2023, memungkinkan para pegiat mode mewujudkan pengalaman unik berinteraksi antara dunia nyata dengan digital,” ujar Chief Marketing and Sales Officer WIR Group Gupta Sitorus.

Tidak hanya itu, Gupta pun mengatakan, “Hal ini merupakan bentuk afirmasi positif dalam menghadirkan solusi fashion experience masa depan.”

Pasalnya, integrasi O2O (online-to-offline) dari Nusameta memungkinkan pengguna wujudkan pengalaman interaksi antara dunia nyata dengan digital melalui teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI), demi menciptakan ekosistem industri fesyen berkelanjutan. 

Nusameta pun menjadi terobosan JFW dalam memperluas jangkauan audiens pekan fesyen ternama Indonesia itu. Dengan mengunduh aplikasi Nusameta yang tersedia untuk iOS dan android, siapa pun dapat menikmati Jakarta Fashion Week dengan personalisasi avatarnya masing-masing. 

“Hal ini memberikan kesempatan kepada para audiens yang mungkin tidak memiliki kesempatan buat datang ke JFW secara offline untuk ikut berpartisipasi,” terang Gupta.

“Pada event ini dalam setiap sesinya akan akan menampung sebanyak 1,000 users,” lanjutnya.

Versi metaverse JFW 2023 ini tak hanya ditujukan untuk memperluas akses, tetapi juga diharapkan akan membuka peluang ekonomi baru seluruh industri terutama bagi para pekerja kreatif. Hal ini termasuk para perancang mode dalam memaksimalkan kreativitas mereka tanpa dibatasi oleh hambatan. 

Inovasi ini jadi inisiasi JFW setelah dua tahun berlangsung di tengah keterbatasan pandemi COVID-19. 

Namun, kabar baiknya, selain lewat Nusameta dan perhelatan tatap muka yang berlangsung di daerah Jakarta Selatan itu, penikmat fesyen juga dapat menikmati JFW melalui siaran online

“Artinya, komunikasi kita tanpa batas, di media platform apa pun. Live stream bisa didapatkan di mana saja, apakah JFW.TV, YouTube, Instagram, TikTok, Facebook, Vidio.com, atau MAXstream,” jelas Chairwoman Jakarta Fashion Week dan CEO GCM Group Svida Alisjahbana.