Shakira akan diadili di Spanyol atas dugaan penggelapan pajak

Penyanyi lagu hit "Hips Don't Lie" Shakira, dalam hitungan hari akan menghadapi pengadilan Spanyol atas dugaan penggelapan pajak di Spanyol. 

Bahkan, melansir CNN (27/9), seorang jaksa Barcelona meminta pengadilan dipercepat. Meski di sisi lain, belum ada tanggal past yang ditentukan dan diumumkan.

Shakira terpaksa menghadapi pengadilan akibat dugaan tidak membayar pajak penghasilan dan kekayaan selama periode 2012 hingga 2014. Gugatan pengadilan Spanyol ini pertama diberikan pada Juli silam.

Mereka menuding Shakira tinggal di Spanyol selama lebih dari 183 hari pada periode waktu yang disebutkan.  Berdasarkan penyelidikan kejaksaan Spanyol, pajak yang tak dibayar Shakira mencapai $15,8 juta (Rp248 miliar).

Meski begitu, sang ratu pop latin itu mengklaim bahwa dirinya tak tinggal di Spanyol selama waktu yang disebutkan.

"Shakira dan timnya menganggap bahwa kasus ini merupakan pelanggaran nyata terhadap haknya, karena dia selalu menunjukkan perilaku tak tercela, sebagai pribadi dan wajib pajak. Bahkan (Shakira) bersedia menyelesaikan perselisihan apa pun sejak awal, sebelum proses pidana," jelas juru bicara Shakira dalam pernyataan resminya pada Juli silam.

Rupanya, apabila Shakira terbukti bersalah, ia akan diberi hukuman selama delapan tahun penjara dan denda sebesar US$22,3 juta (Rp351 miliar).