15 seniman Indonesia turut meriahkan Piala Dunia FIFA 2022 Qatar

Lima belas seniman Indonesia dikabarkan bakal tampil di Fan Zones, bagian dari FIFA Fan Festivals di Piala Dunia FIFA 2022 Qatar. 

Pertama dilaporkan GULF TIMES (28/10), kabar baik tersebut rupanya diungkapkan langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Qatar, Ridwan Hassan.

“Kami ingin berkontribusi dalam membuat turnamen bergengsi ini, yang berlangsung untuk pertama kalinya di dunia Arab, momen yang tak terlupakan bagi semua orang dengan menampilkan budaya dan warisan kami,” ujar Ridwan Hassan.

Menurut sumber yang sama, berbagai seniman dan kelompok seni yang akan tampil dalam perhelatan yang berlangsung mulai 20 November hingga 18 November itu, bersama 154 penampil lainnya.

Beberapa di antaranya adalah Sanggar Seni Mesaieed (musik dan tari), Rumah Seni Al Khor (musik dan tari), Indonesian Ladies Angklung (musik), Bahana Indonesia Gemilang Choir, hingga pemain saxophon Budi Wahono.

Selain menampilkan karya dari 15 seniman Indonesia, Kedutaan Besar RI di Qatar juga akan menggelar Pameran Batik yang akan berlangsung di Katara, Desa Budaya selama turnamen Piala Dunia 2022.

Akan tetapi, hingga kini (2/11), belum ada keterangan maupun publikasi rinci mengenai jadwal penampilan para seniman Indonesia dan Pameran Batik itu.

Sebagai informasi, FIFA Fan Festivals merupakan acara satelit Piala Dunia yang pertama dikenalkan pada Piala Dunia 2006 di Jerman. Sejak kala itu, Fan Festivals selalu hadir di Piala Dunia selanjutnya, yakni di Afrika Selatan (2006), Brazil (20014), hingga Rusia (2018).

FIFA Fan Festivals di Piala Dunia FIFA 2022 Qatar berlokasi di Taman Al Bidda. Selain festival utama, akan berlangsung Fan Zone Hayya dan Fan Beach Fest Qetai sebagai wahana selebrasi sepak bola terbesar di dunia itu.