LEGO bikin karakter berlengan satu, terinspirasi dari kisah anak penyandang disabilitas

Seorang anak perempuan penyandang disabilitas yang lahir tanpa lengan kiri, menginspirasi desainer permainan LEGO untuk membuat karakter berlengan tunggal yang kabarnya rilis 2023 mendatang.

Melansir BBC (28/10), anak bernama Sofia dari Sussex, Inggris, itu mengutarakan kegelisahannya atas minimnya representasi penyandang disabilitas sepertinya dalam sebuah tayangan BBC Breakfast.

“Kamu tidak merasa terepresentasikan dan tidak ada satu pun yang seperti kamu di berbagai mainan,” tutur Sofia yang masih berusia delapan tahun.

Merespons ungkapan Sofia, direktur desain dari LEGO Friends Fenella Charity mengungkap bahwa selama dua tahun terakhir, LEGO telah merencanakan karakter-karakter terbarunya yang merepresentasikan warna kulit, bentuk fisik, hingga penyandang disabilitas dan neuro-diversitas. 

Tidak hanya itu, Charity melanjutkan bahwa perusahaan mainan bongkar pasang itu terinspirasi oleh pesan Sofia. Katanya, “Itu menandakan apa yang kami lakukan, sebenarnya nyata.”

“Di tim desain, ketika kami melihat pesan yang dirangkai dengan hati-hati oleh anak-anak, itu sangat menginspirasi kami, dan mendorong kami untuk membuat perubahan,” pungkas Charity.

Bahkan, LEGO telah merilis video teaser jajaran karakter terbarunya dalam YouTube resminya, dengan tajuk "Say Hello To Your New Friends!". Di mana karakter bernama Autumn tampak hanya memiliki satu lengan dengan penjelasan karakter “seseorang yang akan membuatmu merasa berani”.

Sekadar informasi, koleksi terbaru LEGO Friends yang rilis tahun depan itu berisi delapan karakter termasuk sosok Autumn, lalu hadir dengan kemasan terbaru, dan setidaknya ada lima set mainan.