Meta adakan konser VR untuk mendiang rapper Notorious B.I.G.

Mendiang rapper Notorious B.I.G. akan “dihidupkan kembali” dalam bentuk avatar realistis untuk hadir pada konser virtual reality (VR) yang secara eksklusif digelar oleh perusahaan teknologi raksasa, Meta.

Diproduksi berkolaborasi dengan Notorious B.I.G. Estate, konser tersebut akan menampilkan avatar Biggie yang akan membawakan lagu-lagu klasik dari albumnya, memberikan pengalaman VR di Meta Horizon World, dalam rekreasi virtual Brooklyn tahun 90-an yang disebut “The Brook”.

Sedikit kilas balik, Notorious B.I.G. merupakan rapper yang memiliki nama lengkap Christopher Wallace, yang meninggal dunia karena dibunuh pada 1997, di mana saat itu usianya baru menginjak 24 tahun. Melansir Variety (16/11), konser ini diselenggarakan untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-50.

Konser bertajuk “The Notorious B.I.G. Sky’s The Limit: A VR Concert Experience” akan tayang perdana pada 16 Desember eksklusif di bagian Venues di Meta Horizon Worlds (dan Meta Quest TV).

Lantas, konser tersebut dapat diakses dengan headset VR Meta Quest 2 atau Meta Quest Pro.

Akan tetapi, bagi penonton yang ingin menikmati konser tapi tidak memiliki headset VR tersebut, maka bisa menonton versi 2D konser di laman resmi Facebook Notorious B.I.G.

Menanggapi hal ini, Voletta Wallace, ibu Biggie, mengungkapkan dalam sebuah pernyataan bahwa dirinya sangat senang dan bersyukur pada semua pihak yang berkontribusi dalam proyek untuk mendiang putranya.

“Dapat menciptakan kesempatan baru untuk menampilkan musik putra saya, Christopher, melalui kemajuan teknologi merupakan hal yang terkadang sulit saya pahami,” ujar Wallace.

Wallace pun menambahkan, “Namun, saya sangat senang dalam proses pengembangan avatarnya, memahami nilai tambahan untuk penggemar agar bisa merasakan pengalaman baru.”

Nantinya, audiens akan merasakan pengalaman masuk ke dalam kehidupan sang rapper melalui sebuah narasi tertulis yang berisi perjalanan Biggie, dibacakan oleh penulis sekaligus jurnalis musik Touré. 

Konser juga akan diramaikan oleh penampilan Sean “Diddy” Combs, The Lox, Latto, Nardo Wick, Lil’ Cease, dan penampilan spesial dari DJ Clark Kent.

Konser ini akan diproduksi oleh Gunpowder & Sky, perusahaan produksi yang didirikan oleh CEO Van Toffler. Adapun teknologi pengembangan avatar Biggie dibuat oleh pendiri Willingie, Elliot Osagie, bersama direktur VFX Remington Scott yang merupakan CEO Hyperreal.

Keduanya pun didukung WME yang merepresentasikan Notorious B.I.G. Estate untuk proyek ini.

Tech, People, MusicHaiza PuttiComment