Chuu resmi dikeluarkan dari LOONA, agensi buka suara lagi

Chuu resmi dikeluarkan dari girl group LOONA pada Jumat (25/11) lalu. Kabar itu diumumkan oleh agensi yang menaunginya, BlockBerry Creative (BBC) melalui sebuah pertanyaan yang diunggah di fancafe.

Dalam keterangan tersebut, Chuu yang bernama asli Kim Ji-woo dikeluarkan dari LOONA atas tuduhan penggunaan “bahasa kasar dan penyalahgunaan kekuasaan” kepada salah satu staf agensi. Akan tetapi, agensi yang menaungi grup itu tak memberikan detail lebih lanjut mengenai tindakan yang dimaksud.

“Pertama-tama, kami secara resmi memohon maaf kepada staf yang tersakiti karena peristiwa ini. Kami akan berusaha semaksimal mungkin agar mereka bisa membaik dan fokus pada perawatan serta kembali ke kehidupan normal mereka,” ujar pernyataan BBC, dikutip dari CNN Philippines (26/11)

Agensi tersebut juga memohon maaf kepada penggemar yang telah mendukung LOONA hingga saat ini.

“Kami mohon maaf kepada penggemar yang telah mencintai dan mendukung LOONA sampai sekarang dan maaf karena tidak dapat mempertahankan ke-12 anggota bersama hingga akhir,” lanjut pihak agensi.

Sebelumnya, beredar spekulasi Chuu menandatangani kontrak dengan agensi lain atau membuat agensinya sendiri. Namun, BBC tak memberikan penjelasan apa pun terkait hal ini karena tak ingin membuat penggemar khawatir.

Di sisi lain, netizen dan para penggemar di Twitter justru menunjukkan dukungannya pada Chuu dan tidak setuju dengan cara BBC memperlakukan salah satu artisnya itu.

Banyak dari penggemar LOONA yang mengatakan bahwa Chuu memberanikan diri untuk buka suara lantaran selama ini terlalu banyak bekerja dan kerap diperlakukan dengan tidak baik. Para penggemar percaya bahwa pihak agensi membuat tuduhan palsu untuk mengeluarkannya.

Pasalnya memang, pada 2021 lalu sempat beredar berita Chuu yang mengaku belum dibayar hingga membuatnya mengalami kesulitan, bahkan untuk membeli makan sekalipun. 

Melansir All Kpop (26/11), para penggemar menemukan co-CEO Lee Jong-myung dan COO Lee Kyu-tae terdaftar di Layanan Pajak Korea Selatan sebagai “penghindar pajak berpenghasilan tinggi” sejak 2003 dan 2004.

Yang bikin penggemar makin yakin bahwa tuduhan itu palsu adalah setelah Chuu dikeluarkan dari grup, para anggota LOONA lainnya masih sering menyebut namanya di media sosial hingga konsernya. Hyunjin, salah satu anggota LOONA, bahkan mengatakan, “Chuu mungkin sedang sakit hati sekarang.”

Tidak hanya itu, penulis untuk kanal YouTube Chuu, ChuuCanDoIt, melalui akun Instagram pribadinya juga memberikan tanggapannya untuk membela sang penyanyi.

“Penyalahgunaan kekuasaan, lucu sekali. Bahkan meskipun dia merasa lelah, dia selalu khawatir karena para staf belum mendapatkan bayarannya (dari agensi). Saya pernah merasa frustasi dan mengatakan, “Hey, Jiwoo, pikirkanlah dirimu sendiri dulu!”,” demikian bunyi tulisan di Instagram Story penulis tersebut.

Selain penulis yang bekerja untuk Chuu, lebih dari 20 staf lainnya juga memberikan pernyataan untuk membelanya. Namun sampai saat ini, Chuu sendiri belum memberikan tanggapannya.

Ironinya, melihat banyaknya dukungan dan belaan untuk Chuu yang hingga kini belum buka suara, sang agensi kembali mengeluarkan pembelaannya. Beberapa jam yang lalu, melalui fancafe LOONA, BBC berpendapat bahwa kebutuhan memberikan fakta dan bukti relevan ialah hak Chuu dan staf terkait.

“Jika ada pihak yang merasa dirugikan tentang suatu masalah atau ingin memperbaiki suatu masalah, maka pihak-pihak yang berkepentingan sendiri yang harus mengungkapkannya. Perusahaan sudah selesai mengkonfirmasi apa yang terjadi antara Chuu dan staf,” tulis sepenggal pernyataan susulan BBC.

Menutup pernyataannya, BBC memperingati agar ke depannya tidak ada pelaporan dan spekulatif tak berdasar tentang perusahaan. Katanya, hal itu demi LOONA bisa kembali melakukan aktivitasnya.