Rumah produksi “Godzilla” jalin kemitraan dengan Sony usai tinggalkan Warner Bros.

Legendary Entertainment, rumah produksi di balik film “Dune” dan “Godzilla vs. Kong” telah meninggalkan Warner Bros. dan kini bermitra dengan perusahaan distributor film Sony Pictures.

Pasalnya, melansir Variety (28/11), di bawah perjanjian baru tersebut, Sony dikabarkan akan memasarkan dan mendistribusikan film layar lebar dari Legendary Entertainment yang bakalan rilis. Hanya saja, ternyata terdapat sejumlah proyek terpilih yang dikecualikan dari perjanjian tersebut.

Salah satunya sekuel “Dune: Part Two” yang masih digarap bersama Warner Bros. Pictures lantaran saat ini masih dalam tahap produksi dan dijadwalkan untuk dirilis pada 3 November 2023 mendatang.

Dalam keterangan resminya, Sony dan Legendary menekankan bahwa keduanya memiliki tujuan yang sama dalam komitmen untuk mendistribusikan film dan menjaga nilai jangka panjang film layar lebar.

Melansir sumber sama, kabar mengenai Legendary Entertainment yang meninggalkan Warner Bros. bukanlah hal mengejutkan usai perselisihan yang terjadi antara keduanya pada akhir 2020 lalu.

Saat itu, Legendary dikabarkan akan mengancam dan mengambil tindakan hukum atas putusan Warner Bros. untuk meluncurkan film “Godzilla vs. Kong” dan “Dune” ke HBO Max di waktu bersamaan film tersebut debut di bioskop.

Namun, keduanya pada akhirnya membuat perjanjian yang menguntungkan kedua belah pihak. Lebih dari itu, “Godzilla vs. Kong” berhasil memperoleh pendapatan sebesar $470 juta atau Rp7,3 triliun secara global, sedangkan “Dune” menyumbang $401 juta atau Rp6,3 triliun keuntungan dari seluruh dunia.

Lantas, sebagai bagian dari kesepakatan yang baru dijalin, Legendary East akan menangani seluruh aktivitas pemasaran dan pendistribusian di Tiongkok. Sedangkan, Sony Pictures juga akan menangani distribusi hiburan rumahan dan televisi untuk film yang akan dirilis.

Sementara itu, Legendary mempertahankan opsi untuk memproduksi dan mendistribusikan konten film untuk sejumlah platform streaming yang ada saat ini atau akan muncul di masa depan. Sebelumnya, Legendary telah bekerja sama dengan Netflix, Universal, dan Sony untuk berbagai proyeknya.

Sejumlah film terbaru yang dirilis Legendary di antaranya “Pokemon: Detective Pikachu”, serta “Enola Holmes” dan “Enola Holmes 2” yang dirilis di Netflix dan dibintangi oleh Millie Bobby Brown.