Susi Pudjiastuti tekankan pentingnya kesadaran dalam kelola keuangan saat berbisnis

Pengusaha sekaligus Founder Susi Air Susi Pudjiastuti membagikan pengalamannya dalam berbisnis di acara konferensi pers Wealth Wisdom yang diselenggarakan oleh Permata Bank pada Senin (28/11).

Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia itu menekankan pentingnya memiliki consciousness atau kesadaran dalam mengelola keuangan untuk menjaga keberlanjutan bisnis. Hal tersebut berdasarkan pengalamannya di mana salah satu bisnisnya, Susi Air, terdampak oleh pandemi COVID-19.

Saat itu, katanya, bisnis penerbangannya tersebut tidak memiliki pendapatan sama sekali selama lima bulan berturut-turut, sehingga dirinya pun dengan terpaksa memotong gaji para karyawannya.

“Pada saat lima bulan berhenti, dengan suasana mencekam, kita ketakutan dengan how much money we have left (untuk bertahan). Kami setiap bulan pengeluaran (bisnis) Rp30 miliar lebih untuk bayarin orang (karyawan). So, sudah prepare. Bagusnya memang kita semua harus menghitung,” ujar Susi.

Susi pun menambahkan, “Jadi saya juga ngomong sama anak-anak (karyawan), kalau saya tidak potong gaji kalian 25%, kita akan berhenti semua dalam empat bulan ke depan. Kan dari situ kelihatan kita punya sisa uang berapa, kemudian kalau dipotong (gaji karyawan) ada berapa.”

Oleh sebab itu, berdasarkan salah satu momen sulit itu, baginya penting bagi para entrepreneur sepertinya untuk membuat perencanaan keuangan yang matang dan disiplin dalam mengelolanya.

“Hitung Anda punya income berapa, mau spending-nya berapa. Buat plan, itu harus disiplin. Kalkulasikan semuanya, rencana spending, berapa yang harus dikeluarkan. Jadi harus conscious,” katanya tegas.

Ia melanjutkan, “At the end of the day, kalau kita conscious, kita akan lebih aware atau sadar, Anda juga bisa merencanakan lebih baik. Dan ketika dilakukan dengan baik, means you are professional.

Pasalnya, adapun Wealth Wisdom 2022 mengusung tema “Mindfully Recover” dan diselenggarakan di Ballroom, The Ritz-Carlton Jakarta - Pacific Place pada 29-30 November 2022. Kegiatan ini hadir sebagai kanal inspirasi dan wawasan terkini bagi nasabah dalam menghadapi masa pemulihan ekonomi.

Penyelenggaraan Wealth Wisdom yang kedelapan ini menghadirkan rangkaian seminar dan workshop dengan para pembicara yang merupakan pakar di bidangnya. Acara dapat diikuti secara offline ataupun online di kanal YouTube Permata Bank.