Sekuel film “Avatar” segera rilis, durasi bakal lebih dari tiga jam

Sekuel film “Avatar” (2009), akan segera tayang di akhir tahun ini. Akan tetapi, penggemar yang telah menantikan harus bersiap untuk duduk manis untuk waktu lama ketika menyaksikannya. 

Bisa begitu karena “Avatar: The Way of Water” disinyalir akan berdurasi mencapai tiga jam 10 menit.

Kabar itu pertama diberitakan oleh The Hollywood Reporter (28/10), di mana film kedua “Avatar” tersebut disebut akan berdurasi 29 menit lebih panjang dibandingkan edisi pertamanya.

Rupanya, menurut sumber yang sama, dugaan lamanya film “Avatar: The Way of Water” mulai muncul ketika sejumlah bioskop tidak sengaja mengunggah durasi film di situs mereka.

Meski klaim panjangnya film itu telah beredar, baik 20th Century maupun Disney sebagai distributor film belum mengonfirmasi durasi resmi film yang digarap sutradara dan penulis James Cameron tersebut.

Di sisi lain, dalam sebuah wawancara bersama EMPIRE pada awal Juli lalu, Cameron justru telah mengindikasikan kemungkinan durasi panjang film ”Avatar” kedua. Tidak hanya itu, Cameron pun mengatakan bahwa dirinya menolak kritik tentang panjangnya film, bila nanti sudah tayang di bioskop.

“Saya tidak mau mendengar siapa pun merengek tentang durasi ketika mereka binge-watch (menonton televisi) selama delapan jam,” ujar Cameron. Dalam kesempatan sama, dirinya bahkan mengatakan, “Ini sebuah paradigma sosial yang seharusnya berubah: sangat lazim untuk berdiri dan pipis.”

Pasalnya, film berdurasi panjang tengah menjadi tren di dunia layar lebar pasca COVID-19. Kebanyakan film yang diluncurkan sejak pandemi melebihi durasi standar film yang biasanya hanya dua setengah jam.

Sebagai informasi, durasi pemutaran yang dimaksud tidak hanya penayangan filmnya, tetapi meliputi adegan kredit (credits) yang biasanya berjalan di akhir sinema selama lebih kurang 10 menit. 

“Avatar: The Way of Water” akan tayang di bioskop mulai 16 Desember mendatang. Film itu menggaet sejumlah pemain kawakan Hollywood, seperti Kate WInslet, Michelle Yeoh, hingga Vin Diesel.

Meski film keduanya belum tayang, ternyata melansir Collider (31/10), seri ketiga dari film itu rencananya akan dirilis pada Desember 2024 dan film final-nya akan tayang pada Desember 2028.