“Cek Toko Sebelah” hadir di panggung musikal, undang tawa dan haru penonton

Selama akhir pekan lalu, mulai 9 hingga 11 Desember, Ernest Prakasa berkolaborasi dengan Jakarta Movin, menggelar pertunjukan teater musikal hasil adaptasi kisah “Cek Toko Sebelah” (2016) di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta.

Menghadirkan pemeran utama Chandra Satria (Koh Afuk), Morgan Oey (Yohan), Kristo Immanuel (Erwin), dan Lea Simanjuntak (Ci Lili), penampilan selama lebih kurang dua jam di atas panggung berhasil mengundang tawa dan haru para penonton. 

Selain nama-nama tersohor di dunia bermain peran, musikal adaptasi cerita dari film yang mendapat sembilan nominasi dalam Festival Film Indonesia 2017 itu menampilkan nama-nama terbaru di panggung teater. Mereka ialah talenta-talenta terpilih dari audisi terbuka yang dilakukan Jakarta Movin pada September tahun ini. 

Diiringi dengan musik yang mengundang emosi dan tata panggung yang ciamik, pertunjukan ini digarap bersama Jakarta Movin, kelompok seni pertunjukan yang memanggungkan “Musikal Petualangan Sherina” beberapa waktu lalu. 

Terlebih lagi, para pemain teater di atas panggung juga berhasil membangun interaksi dengan penonton. Seperti sejumlah lawakan yang mengundang sahutan dari bangku audiens. 

Ternyata, proses menuju penampilan di akhir pekan kemarin pun tak berlangsung singkat. Pasalnya, set design panggung dan artistik yang menyerupai latar film “Cek Toko Sebelah” itu telah digarap sejak dua tahun lalu. 

Durasi yang sama juga dilalui Jakarta Movin dalam memproduksi 16 tembang orisinil “Teater Musikal Cek Toko Sebelah” yang diselenggarakan dengan dukungan IndonesiaKaya. 

Merespon alih wahana film karya Ernest Prakasa ke dalam panggung teater musikal ini, Ernest mengaku bahwa dirinya tidak pernah terpikir bahwa Cek Toko Sebelah bisa diinterpretasikan ke dalam sebuah drama musikal di panggung teater. “Ini merupakan pengalaman baru bagi saya untuk turut serta dalam proses kreatif sebuah drama musikal,” tuturnya

Di sisi lain, menurut penjelasan penyelenggara, pementasan di Teater Jakarta TIM kemarin ditujukan untuk menyegarkan ingatan masyarakat sebelum film “Cek Toko Sebelah 2” ditayangkan pada 22 Desember mendatang di bioskop-bioskop Tanah Air.