Film terakhir Hayao Miyazaki “How Do You Live?” tayang Juli 2023

Akun Twitter resmi Studio Ghibli mengumumkan pada Selasa (13/12) bahwa film terakhir Hayao Miyazaki, “Kimi-tachi wa Dō Ikiru ka (How Do You Live?)”, akan tayang di layar lebar Jepang pada 14 Juli 2023.

Selain membeberkan tanggal perilisannya, Studio Ghibli turut menunjukkan visual untuk film tersebut. Miyazaki sendiri tak hanya terlibat dalam pembuatan film orisinalnya, namun juga sebagai sutradara dan penulis naskah.

Dikutip dari Anime News Network, Studio Ghibli akan merilis daftar para staf, cast, dan cerita dalam film ini di waktu mendatang.

Miyazaki membuat film ini berdasarkan cerita dari novel berjudul “How Do You Live?” (1937) karya Genzaburō Yoshino. Menurutnya, buku ini memiliki makna yang dalam bagi tokoh protagonis dalam filmnya.

Pada Maret 2021 lalu, produser Studio Ghibli Toshio Suzuki mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa animasi film tersebut hampir selesai, namun kemungkinan tidak dapat dirilis dalam waktu tiga tahun ke depan.

Pasalnya, Suzuki dalam kesempatan terpisah mengatakan, film tersebut akan berdurasi 125 menit. Adapun film ini pertama kali dibeberkan oleh Miyazaki pada 2017 lalu.

Suzuki melaporkan di bulan April 2017 bahwa ia dan Miyazaki tengah menggambar storyboard untuk proyek ini sejak Juli 2016.

Film terakhir Miyazaki, “The Wind Roses” (2013), juga terinspirasi dari karya literatur, yakni novel bertajuk “The Wind Has Risen (Kaze Tachinu)” karya Tatsuo Hori. 

Di tahun yang sama rilisnya film ini, Miyazaki turut mengungkap kabar bahwa dirinya akan pensiun memproduksi film fitur panjang, sebelum mengumumkan akan kembali dengan karya terakhirnya, “How Do You Live?”.

Art, Film, PeopleArdela NabilaComment