Komik legendaris “Panji Tengkorak” akan diadaptasi jadi film animasi

Komik legendaris “Panji Tengkorak” karya Hans Jaladara akan diangkat dalam bentuk animasi layar lebar, dibintangi Denny Sumargo sebagai pengisi suara dalam film adaptasi tersebut dan dijadwalkan untuk tayang pada 2024 di layar lebar.

Pasalnya, film animasi “Panji Tengkorak” akan berada di bawah naungan Falcon Studios dan dianimasikan oleh animator Daryl Wilson yang sebelumnya menggarap animasi besutan Falcon, seperti “Si Juki” dan “Warkop DKI Reborn”.

Tidak hanya itu, menurut produser Falcon Pictures Frederica, proyek adaptasi dari komik legendaris di era 1960-an ini telah dikembangkan sejak dua tahun terakhir.

“Cerita ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak dua tahun terakhir, dan akhirnya kali ini kami bisa resmi mengumumkan kalau cerita ini akan dibuat versi animasinya,” ujarnya, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (20/12).

“Dari era 60-an komik silat yang jadi pionirnya, lalu dilanjutkan pada 1972 lewat film, dan kini kami ingin membangun jejak itu lagi agar bisa memperkenalkan ke generasi yang sekarang,” sambung Frederica.

Adaptasi berupa animasi “Panji Tengkorak” sendiri dipilih untuk mencegah kesulitan teknis yang berpotensi terjadi apabila cerita tersebut digarap sebagai live-action. 

Selaras dengan itu, Daryl pun mengungkapkan bahwa animasi justru dapat membuat penonton lebih hanyut dalam cerita. Di samping itu, kisah komik ini yang terkesan gelap memang lebih cocok dibuat dalam versi animasi.

Daryl kemudian mengungkapkan tantangannya dalam membuat animasi film tersebut. Katanya, “Dalam mengeksekusi itu, banyak sekali riset yang kami kembangkan serta melebih-lebihkan set-set yang memanfaatkan cagar budaya Indonesia.”

Ya, dalam mengembangkan film animasi “Panji Tengkorak”, Daryl mengaku harus melakukan berbagai riset, mulai dari relief, ornamen, baju, sampai senjata yang kemudian harus dirancang ulang dan dikembangkan dari karakter-karakter di komik.

Adapun “Panji Tengkorak” merupakan komik populer yang mengangkat kisah karakter bernama Panji, seorang pendekar yang terlibat dalam peperangan besar di abad ke-15. 

Nantinya, di film animasinya, Panji akan ditampilkan sebagai sosok yang mencari jati dirinya.

Selain Denny Sumargo, terdapat artis lain yang telah ditunjuk sebagai pengisi suara, ialah Donny Damara, Cok Simbara, Aghniny Haque, Nurra Datau, Donny Alamsyah, dan Revaldo.

Art, FilmArdela NabilaComment