Grab berkolaborasi dengan Danjyo Hiyoji, Gelang Harapan, dan Muklay

Grab Indonesia menghadirkan kampanye #Percaya yang merupakan kolaborasi dengan teman-teman dari industri kreatif untuk membantu dan menyemangati mereka yang sedang berjuang di tengah pandemi agar dapat terus bertahan dan bergerak.

Dalam kampanye ini, Grab berkolaborasi dengan Danjyo Hiyoji dan Gelang Harapan melalui penjualan karya kreatif dan desain GrabCar yang dibuat oleh Muklay. 

Hasil donasi dari penjualan karya dan penggunaan promo PERCAYA di GrabCar akan didonasikan seluruhnya sebesar Rp1 miliar kepada pelaku UMKM perempuan yang tergabung dalam Womenpreneur Community (WPC) yang tersebar di kota-kota kecil di Indonesia. Donasi ini akan disalurkan dengan bantuan BenihBaik. Kampanye ini akan berlangsung mulai April hingga Juli 2022.

Dana Maulana, founder Danjyo Hiyoji, menjelaskan bahwa karya dalam kampanye ini mengambil tema “bind”, yang ingin menggambarkan pengalaman emosional, khususnya perpisahan yang dialami oleh perempuan dan anak yang kehilangan sosok yang mereka sayangi selama masa pandemi Covid-19.

“Kami (Danjyo Hiyoji) ingin menekankan pada aspek semangat solidaritas di masa pandemi yang percaya bahwa sisi terbaik manusia ditunjukkan ketika ia peduli  kepada sesama,” ujarnya. Karya mereka juga menambahkan unsur desain sulam longgar berjarak yang menggambarkan situasi di mana masyarakat Indonesia harus menjaga jarak dalam berinteraksi di era serba terbatas ini.

Pemilihan konsep dilatarbelakangi oleh semangat untuk melindungi pihak-pihak yang bergantung pada usaha Danjyo Hiyoji agar terus bertahan di tengah pandemi, mengingat industri fesyen juga ikut terkena dampaknya.

Melalui koleksi ini, Danjyo Hiyoji mengajak masyarakat Indonesia untuk menggunakan produk daily wear mereka dan mendapatkan pesan bahwa di tengah masa sulit ini, kita harus tetap menunjukan kreativitas dan ide-ide cemerlang, seperti yang mereka lakukan dengan memberikan karakter young, fresh, dan progressive.

Sementara itu, artis visual Muklay mengungkapkan bahwa kolaborasinya dengan Grab menghasilkan 10 desain visual untuk GrabCar yang berbeda satu sama lain. Tiap desain menggambarkan rasa percaya yang berbeda, entah percaya akan hari esok ataupun percaya untuk terus berusaha dan menjalankan hidup.

“Secara garis besar, 10 karya dalam kolaborasi ini berupaya menyampaikan cerita tentang perjuangan semua orang yang bersama-sama berusaha untuk bangkit dari pandemi. Pesan ini saya ekspresikan melalui penggunaan pola visual, warna, hingga berbagai simbol yang mengandung makna tentang percaya dan terus berusaha,” tutur Muklay.

Baginya, perjuangan untuk bangkit dari pandemi adalah perjuangan milik semua orang, termasuk dirinya sendiri. Percaya pada diri sendiri, berpikir positif, dan percaya bahwa akan selalu ada hari esok menjadi hal yang harus terus diingat dan sebuah hal yang juga sejalan dengan kampanye #Percaya dari Grab.