Fashion Week kini hadir di metaverse melalui platform dunia virtual Decentraland

Pada 24-27 Maret lalu, ruang virtual Decentraland menyelenggarakan Metaverse Fashion Week (MVFW). Seperti namanya, tidak seperti fashion week pada umumnya, MVFW diadakan di metaverse. 

Seperti fashion week lainnya, selama empat hari tersebut, Decentraland MVFW menampilkan serangkaian pagelaran fesyen, afterparty, dan toko pop-up dari jenama-jenama yang memamerkan pakaian digital pada avatar yang berjalan di atas panggung virtual. 

Decentraland menampilkan terdapat 16 zona atau mini-distrik yang dikelola komunitas di dalam Fashion District - sebuah bagian dari Decentraland khusus bidang fesyen. Di setiap lokasi ini, merek dan desainer akan menampilkan catwalk, panel, galeri, dan kegiatan lainnya. 

Berbagai jenama kenamaan mulai dari Tommy Hilfiger dan Etro hingga Charles & Keith, Forever 21, dan Mango berpartisipasi dalam acara pekan fesyen metaverse tersebut. 

Koleksi dari para jenama

Untuk Tommy Hilfiger, pengguna dapat berbelanja produk-produk jenama ini dalam bentuk NFT untuk avatar mereka atau membeli barang fisik. Sementara itu, Etro memamerkan rangkaian kapsul Liquid Paisley dengan menyelenggarakan pertunjukan fesyen di Luxury Fashion District pada 25 Maret. Mango memamerkan tiga NFT karya seniman Farka di Museum District of Decentraland. 

Jenama perawatan kulit Estée Lauder bekerja sama dengan Alex Box merilis NFT yang terinspirasi dari produknya, Advanced Night Repair serum, yang dapat dikenakan oleh peserta MVFW secara virtual di avatar mereka. 

Pembelian produk

Selama MVFW, pengguna bisa memindai kode QR untuk melihat barang yang akan mereka beli. Produk fesyen yang dijual di sana tersedia dalam format NFT dan semua pembayaran akan menggunakan mata uang kripto.

Terdapat dua token yang bisa digunakan di Decentraland. Token pertama disebut LAND yang merupakan NFT untuk menentukan kepemilikan bidang tanah yang mewakili real estate digital. Token kedua disebut MANA yang merupakan mata uang kripto yang memfasilitasi pembelian LAND serta barang dan layanan virtual lainnya di Decentraland.

Decentraland merupakan platform dunia virtual 3D berbasis blockchain Ethereum. Di  Decentraland, pengguna dapat membeli dan menjual real estate digital sambil menjelajahi, berinteraksi, dan bermain game secara virtual. 

Pada pertengahan Maret lalu, jenama sepatu Skechers juga membuka cabang virtualnya di Decentraland.