BTS putuskan rehat, saham agensi langsung merosot

Boyband asal Korea, BTS, membawa kabar menggemparkan. Beberapa hari setelah merilis album terbaru, “Proof”, boyband tersebut mengungkapkan bahwa mereka akan berhenti dan istirahat secara grup sementara, sehingga tiap member dapat fokus pada solo project.

Pengumuman yang mengejutkan para fans mereka ARMY, itu disampaikan lewat akun Youtube, BANGTANTV dalam konten “BTS Festa Night” saat merayakan 9 tahun kebersamaan mereka.

Dalam video berdurasi satu jam itu, Suga yang pertama memulai pembicaraan tentang hiatus. “Kita akan hiatus sekarang. Haruskah kita menjelaskan mengapa kita tidak melakukan festa atau membuat konten?” ucap Suga, sebagaimana tertulis dalam Billboard.  

Pertanyaan ini pun dijawab RM, sang ketua, yang bertanya, “Haruskah kita membicarakannya?” Suga menegaskan, “Kita harus membicarakan arah yang akan kita ambil.”

RM menjadi yang pertama menjelaskan pikirannya. Menurutnya, “Saya menyadari bahwa grup (kita) telah berubah. Kita harus menerima bahwa kita telah berubah. Bagi saya, saya masih dapat memahami BTS hingga (lagu) ON dan Dynamite, tapi setelah Butter dan Permission to Dance, saya sudah tidak mengenal kita lagi.”

RM selalu berpikir BTS adalah grup yang berbeda, tetapi industri musik Korea and sistem idol yang menjadi masalah. Bangun pagi, lalu berdandan, RM merasa tak memiliki waktu untuk berkembang dan menjadi dewasa. “Kau harus selalu membuat musik dan melakukan sesuatu.”

Bukan hanya soal musik dan pekerjaan, menurut RM, ia juga mengalami perubahan sebagai manusia selama 10 tahun terakhir. Ia menambahkan, tak hanya dirinya yang merasa lelah, tetapi anggota lain seiring dengan BTS yang menjadi mesin terus meluncurkan produk baru.

Ketua sekaligus rapper BTS ini juga menjelaskan, setiap menulis lagu, ia selalu memiliki pesan yang ingin disampaikan kepada dunia. “Tapi, itu seperti sudah hilang sekarang. Saya tidak tahu cerita seperti apa yang harus saya sampaikan sekarang,” aku RM.

“Jadi saya perlu berpikir, memiliki waktu sendiri, dan pikiran-pikiran itu dapat bertumbuh menjadi sesuatu yang adalah saya,” lanjut RM yang merasa perlu berkontribusi lebih untuk dunia. Maka itu, agar tahu dalam bentuk apa, dia perlu berpikir siapa dirinya dan BTS yang diinginkannya.

J-Hope menanggapi ucapan RM dengan menjelaskan, “Menurut saya, kita membutuhkan perubahan. Itu adalah bagian penting dari BTS, untuk kita memulai babak selanjutnya.” J-Hope pun menyakinkan ARMY bahwa keputusan ini bukanlah akhir dari BTS.

Jimin menjelaskan, “Kita tidak bisa tidak memikirkan fans apa pun yang terjadi. Kami ingin menjadi sosok artis yang selalu diingat oleh fans-nya. Menurutku, mulai sekarang kita harus memikirkan artis seperti apa yang kami masing-masing inginkan untuk dikenang para fans. Saya pikir, itu sebabnya kami sedang melalui masa sulit sekarang, kami mencoba menemukan identitas dan itu adalah proses yang melelahkan dan panjang.”

Suga mempertegas, “Bukannya kita bubar, kita hanya hidup terpisah.” Hal ini selaras dengan habisnya kontrak apartemen bersama mereka. Toh, BTS bilang meski dalam masa rehat, mereka akan tetap tampil bersama, misal untuk syuting “BTS Run” atau acara lain.

Label musik Hybe juga mempertegas, “BTS tidak hiatus. Anggotanya akan lebih terfokus dalam mengerjakan solo project untuk saat ini.” Bahkan, J-Hope pun mengungkapkan, “Saya yang pertama (untuk merilis solo project), yang lain masih mengerjakan project mereka.”

Di samping J-Hope yang sudah mulai mempersiapkan solo project pertama, ada juga Jungkook yang baru-baru ini merilis single “My You” yang didedikasikan kepada fans.

Meski begitu, kabar BTS hiatus ini tetap mengguncang saham Hybe. Fortune mengabarkan saham Hybe turun sebesar 25% pada Rabu, (15/6) kemarin dan mengakibatkan kerugian sebesar $1,7 miliar. Hybe berada di titik terendah sejak debut di Korea Exchange pada 2020. Hybe bahkan turun sebanyak 60% pada tahun ini.

Melansir The Korea Herald, Hana Financial Investment, broker besar di Korea, baru-baru ini menurunkan target harga Hybe dari 430.000 won menjadi 360.000 won, dengan alasan potensi anggota BTS untuk hiatus jika mulai wajib militer awal tahun depan. Pendapatan tahunan Hybe terkait BTS akan turun 750 miliar won dalam kasus ini, kata analis Hana Lee Ki-hoon.

Syukurnya, data terbaru menampilkan saham Hybe kembali naik 7,59% pada Kamis (16/6) sore setelah sebelumnya vokalis utama BTS, Jongkok, siaran langsung di V Live.