Shawn Mendes tunda sejumlah konser demi kesehatan mental

Musisi Shawn Mendes umumkan penundaan sejumlah konser mendatangnya, disebabkan oleh tekanan dan kesulitan yang dirasakan setelah akhirnya kembali melakukan tur yang rencananya diselenggarakan di beberapa kota di benua Amerika dan Eropa. Saat ini, penyanyi dan penulis lagu asal Kanada tersebut memutuskan untuk memulihkan diri lebih dahulu dan memprioritaskan kesehatan mentalnya.

Melalui unggahan Instagramnya, Mendes mengumumkan keputusan serta alasan dari pembatalan sejumlah konser tur "Wonder: The World Tour" untuk tiga minggu ke depan (8/7). 

"Saya pun patah hati mengatakan ini. Saya akan menunda tiga minggu konser di Uncasville, CT untuk waktu yang belum ditentukan. Saya telah melakukan tur sejak umur 15 dan sejujurnya saya selalu merasa kesulitan selama di perjalanan dan jauh dari keluarga dan kerabat," tulis Mendes.

Awalnya, rangkaian "Wonder: The World Tour" direncanakan berjalan dari pertengahan 2022 hingga Agustus 2023. Melansir Rolling Stone, diperkirakan penundaan konser akan memengaruhi jadwal tur ke depannya, terutama di Minnesota, Washington D.C., Philadelphia, St. Louis, dan Cleveland. Meski dalam sumber sama dilaporkan, Mendes akan kembali melanjutkan jadwal tur-nya pada 31 Juli di Toronto.

Dalam pernyataan yang sama, Mendes menyampaikan bahwa awalnya dirinya kira telah siap untuk kembali tampil di depan para penikmatnya. Hingga akhirnya Mendes menyadari ternyata keputusan itu terlalu gegabah. Ia mengakui bahwa dirinya merasakan tekanan yang telah memuncak.

Setelah bicara dengan tim hingga ahli medis, keputusan untuk mengambil istirahat dan memprioritaskan kesehatan mental Mendes jadi hal yang tepat untuk dilakukan. "Bila sudah ada kabar terkini, pasti saya akan lekas memberitahu kalian semua. Saya sayang kalian semua," tulis Mendes dalam pernyataannya.

Unggahan Mendes mendapat dukungan dan respons baik dari para pengikut dan penggemarnya. Betapa tidak, lebih dari dua juta akun memberikan likes kepada unggahan tersebut dan ada ribuan komentar yang berisi dukungan, ucapan semangat, hingga apresiasi karena bangga akan sikap Mendes.

Awal tahun, penyanyi hit "Treat You Better" ini sempat membicarakan pergulatan kesehatan mentalnya. Ia tampak menghadapi kesulitan untuk menerima dirinya, yang tercerminkan dalam cuitannya di Twitter (20/4). Mendes juga menyinggung dampak ketenaran terhadap kesehatan mentalnya, "Sejujurnya, si 23 tahun ini terus menerus merasa terbang atau tenggelam… sebetulnya saya ingin sekali hadir sepenuhnya secara 100%, sejujur mungkin dan tidak memedulikan pendapat orang lain," tulis Mendes.

Pesan tersebut diakhiri dengan penjelasan tentang kondisinya, bagaimana Mendes merasa kewalahan dan overstimulated. Meski, pesan itu dibubuhkan pernyataan Mendes baik-baik saja dan bertujuan untuk menyampaikan kondisi nyata yang mungkin akan membantu orang-orang yang butuh mendengarkannya.