Bali menjadi salah satu dari 25 kota terbaik di dunia

Indonesia masuk ke dalam 25 kota terbaik di dunia menurut Travel+Leisure (T+L). Tidak hanya itu, Ubud, Bali berada di urutan ketiga dengan skor 91.73. Jika dibandingkan dengan daftar tahun lalu, Ubud tetap berada di posisi 5 teratas, sementara beberapa kota lain mengalami perubahan peringkat.

Penilaian yang dilakukan oleh situs destinasi wisata sejak 1971 ini berdasarkan voting dari pembacanya. Hasil suara kemudian dikumpulkan untuk menentukan skor dan urutan dari setiap kota.

T+L meminta para pembaca mempertimbangkan pengalaman perjalanan di seluruh dunia dan membagikan pendapat mereka tentang kota, pulau, kapal pesiar, spa, maskapai dan penerbangan,. 

Pembaca menilai berdasarkan pemandangan dan landmark, budaya, masakan, keramahan, belanja, dan nilai keseluruhannya. Untuk menentukan kota-kota terbaik di seluruh dunia, ada parameter tertentu yang digunakan, seperti hotel, michelin-rated restaurant, kekayaan warisan budaya, atraksi, dan protokol COVID-19. Ya, bukan hanya alam, bagaimana keadaan ekonomi kreatif di kota tersebut pun dinilai.

Daftar ini sangat membantu pelaku pariwisata. Pasalnya, begitu daftar terungkap, ratusan ribu orang menyaring temuannya dan wisatawan merencanakan perjalanan berdasarkan tujuan ini. Bahkan, minat pada kota yang kurang dikenal meningkat, sehingga kota-kota di seluruh dunia merasakan dampaknya.

Selain Bali, 5 kota teratas adalah Oaxaca di Meksiko, San Miguel de Allende di Mexico, Florence, dan Istanbul. Kota-kota di Meksiko menduduki banyak peringkat dalam daftar ini. Lantas, selain Indonesia, negara Asia lain yang masuk ialah Thailand, Jepang, India, Kambodia, Korea Selatan, dan Vietnam.