Penjualan album K-pop semester pertama 2022, capai rekor tertinggi dalam sejarah

Industri hiburan K-pop terus buktikan bahwa masa kejayaannya masih berjalan hingga hari ini. Hal ini terlihat dari penjualan di semester pertama 2022 yang mencapai jumlah tertinggi sepanjang masa. 

Betapa tidak, kenaikan penjualan album fisik K-Pop tembus hingga 34.6% dibandingkan tahun lalu, mencapai 34,9 juta salinan laris di pasaran. Kabar baik ini disampaikan Kepala Penelitian Circle Chart  Kim Jin-woo yang memberikan laporan penjualan dan pemutaran pada Minggu (17/7) lalu. 

Tercatat bahwa semester pertama 2018 berhasil menjual 10,48 juta salinan, yang meningkat menjadi 12,93 pada 2019. Selanjutnya setelah pandemi COVID-19 melanda, peningkatan tajam tembus mencapai 18,36 juta salinan berhasil terjual pada 2020 dan 25,96 juta salinan terjual pada awal 2021. 

Lantas, siapakah idol group yang berada di posisi teratas? Tampaknya jawabannya bisa ditebak karena boy group BTS menempati posisi pertama dengan penjualan terbanyak pada awal 2022. Idol yang beranggotakan 7 orang kebanggaan para ARMY ini berhasil menjual sebanyak 4,52 juta salinan album.

Selanjutnya, boy group yang juga beranggotakan 7 orang, NCT Dream menempati posisi kedua dengan penjualan sejumlah 3,98 juta. Dilanjutkan dengan Seventeen (2,72 juta), Tomorrow X Together (2,1 juta), Stray Kids (2,07 juta), dan tak lupa Lim Young-woong yang menjual sebanyak 1,14 juta salinan.

Kim menjelaskan bahwa ada delapan idol group yang berhasil menjual hingga lebih dari satu juta salinan.

Pasalnya, BTS tak hanya menjadi idol group paling diminati karena album antologi "Proof" yang baru dirilisnya. Laporan penjualan menunjukkan bahwa 17 album sebelumnya juga masih laris terjual. Beberapa di antaranya adalah "BE" dan "Butter", meski 2,96 juta salinan yang terjual berasal dari "Proof".

Berbeda dengan BTS, penjualan album Seventeen justru didominasi oleh album terbarunya yang melebihi 90% dari total penjualannya di semester pertama 2022. Salinan album dengan desain cover minimalis "Face the Sun" yang baru rilis belum lama ini ternyata terjual sebanyak 2,37 juta buah.

Kesuksesan penjualan rilisan fisik K-pop ini disinyalir adalah hasil antusiasme para penggemar dari luar Korea Selatan. Para penggemar dari luar negeri turut mendukung peningkatan kepopuleran artis melalui jumlah views video YouTube. Hal yang juga dianggap menjadi tolak ukur bagi kesuksesan bintang K-pop. 

Menariknya, penggemar setia dari luar Korea Selatan ini kebanyakan berasal dari Asia Tenggara. Melansir The Korea Herald, 10 negara dengan tontonan YouTube BTS terbanyak ditempati Indonesia di urutan kelima, dilanjutkan dengan Filipina (No.7), Thailand (No. 9), dan Vietnam di urutan kesepuluh.