“House of Dragons” tembus rekor penayangan perdana terbesar HBO Max sampai layanan crash

Serial prekuel dari “Game of Thrones”, “House of Dragon” baru saja diluncurkan pada Minggu (21/8) kemarin. Mendapat antusias tinggi, penayangan tersebut berhasil mengundang lonjakan jumlah penonton dan menjadi penayangan perdana terbesar selama sejarah HBO dan HBO Max.

Betapa tidak, dalam satu malam, jumlah penonton serial tersebut di AS mencapai angka 9,98 juta. Sedangkan di Inggris, serial berhasil menarik 1,39 juta penonton pada menit-menit awal peluncuran.

Melansir TechCrunch, Warner Bros. Discovery umumkan pada Senin (22/8), “House of Dragon” tembus jumlah penonton terbanyak dalam sejarah HBO dan HBO Max. Selain AS dan Inggris, spin-off pertama “Game of Thrones” ini juga banyak diputar di berbagai wilayah Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Bahkan, saking lakunya, sampai-sampai layanan HBO Max di Amerika Serikat sempat mengalami crash. Menurut DownDetector, setidaknya sebanyak 3.000 penonton terdampak dari crash tersebut. Di sisi lain, menurut HBO Max, crash terjadi pada pelanggan yang menggunakan perangkat Amazon.

Para Thronees, penggemar “Game of Thrones”, pun melakukan pengaduan lewat Twitter kepada HBO pada malam yang sama. Mereka mengeluhkan bahwa hanya serial “House of Dragon” yang terus gagal diakses, sedangkan film dan serial lainnya bekerja dan bisa ditonton dengan normal.

Menanggapi hal tersebut, “Kami mengetahui sebagian kecil pengguna yang mencoba terhubung melalui perangkat Fire TV mengalami masalah dan sedang dalam proses penyelesaian untuk pengguna yang terkena dampak tersebut,” pernyataan HBO, melansir The Hollywood Reporter.

Sekilas tentang “House of Dragon”, prekuel "Game of Thrones" ini menceritakan kisah perang sipil yang memecahkan Westeros, 200 tahun sebelum kejadian Game of Thrones. Pasalnya, cerita “House of Dragon” merupakan adaptasi dari buku "Fire & Blood" karya George R.R. Martin.

Serial ini diperankan oleh Paddy Considine, Matt Smith, Olivia Cooke, Emma D'Arcy, Steve Toussaint, Eve Best, Fabien Frankel, Sonoya Mizuno, dan Rhys Ifans beserta sederet bintang lainnya. Kedua serial “House of Dragon” dan delapan musim “Game of Thrones” ditayangkan eksklusif di HBO Max.