Jadi titik terendah sepanjang masa, rating Emmy Awards 2022 terjun bebas

Antusiasme publik terhadap penghargaan penghargaan bergengsi Emmy Awards kembali menurun, bahkan tahun ini rating-nya disebut terjun bebas dan turun hingga 25% dibanding tahun lalu.

Melansir Variety (13/9), jumlah penonton tayangan layar kaca Emmy Awards 74th 2022 di AS turun menjadi 5,9 juta penonton saja. Kenyataan itu membuat Emmy hanya mendapat penilaian 1.0. 

Sedangkan, penilaian terendah Emmy sebelumnya didapat pada 72nd Primetime Emmy Awards 2020. Disiarkan oleh saluran ABC, Emmy 2020 disaksikan oleh 6,37 juta orang dan mendapat rating 1,3.

Sebelumnya, angka penilaian tersebut bangkit pada 73rd Primetime Emmy Awards 2021 dan naik menjadi 1.9 dengan 7,9 juta orang yang menyaksikan penganugerahan itu dalam saluran TV CBS. 

Kemudian, Selasa (13/9) lalu, saluran TV NBC penayang acara yang dipandu Kenan Thompson tersebut, mengungkapkan bahwa tahun ini menandakan titik terendah Emmy sepanjang masa.

Pasalnya, melansir laman Reuters (14/9), penurunan jumlah penonton Emmy Awards tahun ini merupakan hasil perhitungan NBC dari gabungan tayangan streaming Peacock dan siaran TV salurannya. Sebagai informasi, keduanya merupakan bagian dari perusahaan Comcast Corp.

Tercatat bahwa masa kejayaan Emmy terakhir dengan jumlah tontonan tertinggi adalah pada 2013, dengan 17,7 juta orang yang menyaksikan penayangan malam penganugerahannya.