Kurang dari setahun, Mango tutup label independen Alter Made

Belum sampai setahun sejak dirilis dan diperkenalkan pada November 2021 lalu, Mango memutuskan untuk menutup merek premium dan label independen pertamanya yang bernama Alter Made.

Alter Made berfokus pada keberlanjutan, kesehatan, dan kemelekan konsumsi dan menargetkan penjualan daring di beberapa pasar tertentu, termasuk Spanyol, Jerman, Prancis, dan Belanda. 

Akan tetapi, melansir Modaes dalam Fashion United (23/9), perusahaan asal Spanyol tersebut berpendapat bahwa Alter Made telah gagal mencapai tujuan yang ditetapkan secara independen.

Dipandang sebagai ‘laboratorium keberlanjutan’, Alter Made hadir untuk bereksperimen dengan proses yang nantinya dapat ditetapkan ke perusahaan yang berbasis di Barcelona. Tidak tanggung-tanggung, merek tersebut pun telah menetapkan target penjualan €25 juta dalam tiga tahun pertama.

Bahkan, dalam peluncuran pertamanya, Alter Made memperkenalkan 120 pakaian produksi lokal yang terbuat dari kain ramah lingkungan. 

Dengan harga yang dibuat lebih tinggi dari Mango, merek tersebut menjual atasan mulai dari €29, gaun minimalis seharga €120, cardigan rajut mulai dari €140, hingga anorak reversibel seharga €320.

Meski demikian, Mango akan mengintegrasikan model premium ke dalam mereknya melalui koleksi “Selection”. Tidak hanya itu, melansir Fashion Network (22/9) baru-baru ini, Mango juga mendiversifikasi portofolio produknya dengan meluncurkan lini Mango Teen dan peralatan rumah tangga.

Perusahaan pun menawarkan kesempatan kepada staf Alter Made untuk bergabung dengan Mango.