Rapper Skepta jadi kurator tamu Sotheby’s sekaligus debut jadi pelukis

Skepta, salah satu musisi dan produser terkenal di Inggris, kini menjadi kurator. Pasalnya, ia akan menjadi kurator tamu bagian dari penjualan ‘Contemporary Curated’ Sotheby’s yang akan datang.

Rupanya, ‘Contemporary Curated adalah inisiatif Sotheby’s yang melihat tokoh-tokoh terkenal, mulai dari Oprah hingga mendiang Virgil Abloh, dapat masuk untuk berperan sebagai co-kurator.

Lelang tersebut pun menampilkan berbagai karya dari seniman yang baru muncul hingga yang sudah mapan, termasuk lukisan karya Skepta yang baru debut menjadi pelukis. Skepta akan menjual lukisan pertamanya yang berjudul “Mama Goes to Market” sebagai bagian dari ‘Contemporary Curated’.

Nama lukisan itu dipilih rapper keturunan Inggris-Nigeria ini sebagai kenangan bersama tentang Nigeria. Ia terinspirasi kenangan masa kecilnya dan kekhawatiran putrinya tak akan pernah bisa ke pasar Afrika.

“Saya pikir, 'Dia akan selalu membeli semuanya secara online, dia tidak akan pernah mengalami hal ini. Jadi, saya mencoba menggambarkannya dengan cat,” kata Skepta, melansir The Guardian (5/9).

Lukisan tersebut dibuat Skepta selama lockdown pertama pandemi COVID-19 pada 2020 lalu. Lantas, perkiraan pra-penjualan lukisan tersebut adalah £40.000-£60.000 atau sekitar $46.000-$69.000. 

“Siapa pun yang membeli lukisan saya, akan menyukainya sama seperti saya,” harap Skepta. Dirinya pun bilang, “Saya ingin lukisan itu memenuhi tujuannya agar seseorang dapat menikmatinya.”

Termasuk dengan karya Skepta, terdapat sembilan karya yang akan dijual di ‘Contemporary Curated’ edisi kedua tahun ini dan semuanya dipilih sendiri oleh Skepta. Adapun faktor yang memengaruhinya saat memilih sembilan lukisan itu, seperti “mereka semua memiliki perasaan tentang Afrika.”

“Entah mereka diciptakan oleh seniman Afrika atau tidak, mereka semua berbagai dalam esensi ini. Dalam satu atau lain cara, mereka memicu dialog yang kuat dengan lukisan saya juga,” tambahnya.

Karya-karya terkenal yang dipilih Skepta termasuk “Simon Helps” karya Sir Frank Bowling dan “Addicktion” karya Lynette Yiadom-Boakye. Sedangkan, pameran itu akan diadakan di Galeri Sotheby’s New Bond Street, London pada 8 - 13 September dan penawaran lelang dibuka pada 7 September.