Gandeng Netflix, Kemenparekraf perkuat promosi wisata dan film lokal

Demi promosikan pariwisata tanah air lewat konten dan genjot industri film Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI meresmikan kerja sama bersama Netflix. 

Rupanya, kerja sama ini bagian dari kampanye "Wonderful Indonesia" yang akan digencarkan lewat konten. Penandatanganan pun dilakukan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno dan Wakil Presiden Kebijakan Publik Global Netflix Dean Garfield di Kawasan Senayan, Jakarta Selatan pada Selasa (6/9).

Pasalnya, kerja sama antara kementerian dan streaming platform raksasa ini meliputi pembuatan konten orisinil Netflix yang akan mengangkat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Melansir pernyataan resmi Kemenparekraf (6/9), nantinya, masyarakat dapat menyaksikan berbagai karya sinematografi yang menangkap destinasi wisata, kuliner dan produk ekonomi kreatif Indonesia.

Tak lupa, beragam cerita lokal nan autentik Indonesia juga akan ditayangkan demi 'membuka jendela dunia untuk Indonesia'. “Saya berharap kerja sama ini juga akan jadi satu momentum kita untuk mempercepat pemulihan dan kebangkitan yang lebih kuat,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Tidak hanya itu, Sandiaga pun mengatakan, “Kita harapkan akan lebih banyak lagi nanti yang bisa kita kolaborasikan (dengan baik) baik kebijakan yang akan mendorong kesempatan konten Indonesia lebih mampu untuk ditampilkan di Netflix yang menjangkau 220 juta members di 190 negara.”

Bahkan, Sandiaga pun mengungkap dirinya dan kementeriannya bersemangat dengan kerja sama ini. Kolaborasi ini pun diharapkan akan membuka jutaan lapangan kerja baru di bidang ekonomi kreatif. 

“Dan, saya berharap melalui ini kita bisa mempromosikan pariwisata dalam era baru, bukan hanya berkolaborasi, tapi juga dari sisi ekonomi kreatif," ujar Sandiaga kepada CNN Indonesia (6/9).

Ternyata, inisiasi Kemenparekraf ini menjadi bagian dari program Waktu Netflix Indonesia (WNI) yang diumumkan pada Sabtu (2/9). Peluncuran WNI dihadiri sejumlah pemain film dan sutradara Indonesia. 

Betapa tidak, WNI merupakan program yang akan menayangkan sederet karya-karya sinema Indonesia dalam kurun waktu 2022 hingga 2024, tepatnya ada delapan konten yang akan ditayangkan.

Dari delapan, tujuh sudah diumumkan, yakni “The Big 4”, “Dear David”, “Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti”, “Klub Kecanduan Mantan”, “Komedi Kacau”, “Gadis Kretek”, dan “Nightmares and Daydreams”.