YG Entertainment tuai protes terkait umur dari anggota BABYMONSTER

Agensi hiburan Korea Selatan, YG Entertainment, memulai tahun baru dengan meluncurkan foto dan video cuplikan first look untuk girl group terbarunya, BABYMONSTER, pada Minggu (1/1) kemarin. 

Akan tetapi, sayangnya, agensi yang menaungi BLACKPINK tersebut justru menuai protes dari netizen.

Grup yang rencananya bakalan debut pada awal 2023 ini terdiri dari tujuh anggota, yakni Ahyeon, Rora, Chikita, Asa, Prita, HR, dan Dain, seperti terlihat dalam video berdurasi satu menit 35 detik yang berjudul “YG NEXT MOVEMENT” dan diunggah di kanal YouTube BABYMONSTER.

Pasalnya, video tersebut menampilkan para trainee yang sedang berlatih di studio, persiapan debut mereka, hingga tanggapan para artis YG Entertainment lainnya tentang junior mereka itu.

Melansir Sportskeeda (1/1), pengumuman soal kehadiran idol grup terbaru ini muncul tidak lama setelah YG mengungkapkan bahwa seluruh anggota iKON akan meninggalkan agensi tersebut.

Meski belum ada detail informasi lebih lanjut terkait usia atau tanggal lahir para anggota BABYMONSTER, banyak warganet yang berspekulasi mereka berusia di antara 13-17 tahun. 

Inilah yang kemudian menjadi sorotan netizen di media sosial. Banyak yang mengkhawatirkan usia para anggota grup itu lantaran dinilai masih terlalu dini untuk masuk ke industri hiburan sebagai idol. Pasalnya memang, industri tersebut terkenal penuh tekanan serta dianggap toksik oleh banyak penggemar.

“Saya pikir hal paling mengejutkan tentang BABYMONSTER bukan usianya saat ini, tetapi fakta bahwa YG telah melatih mereka selama bertahun-tahun. Seberapa kecil mereka ketika mulai menjadi trainee?!” cuit salah satu netizen. Pasalnya, berdasarkan video itu, setidaknya mereka training selama empat tahun.

“Wow BABYMONSTER berusia 13, 14, 15? Jadi YGE memutuskan untuk mendebutkan grup berisikan anak-anak? Mereka terlalu serius dengan kata “baby” di BABYMONSTER,” tulis netizen lainnya.

Di sisi lain, mengutip dari Koreaboo (1/1), beberapa netizen juga mengaku tidak akan bisa sungguh-sungguh menikmati musik dari grup itu apabila benar para anggotanya masih di bawah umur.

Bahkan, melansir sumber yang sama, isunya ada anggota kelahiran 2009. Di mana artinya tahun ini usia internasionalnya ialah 13 tahun dan 14 tahun jika berdasarkan perhitungan usia Korea Selatan.

Rupanya, BABYMONSTER sendiri merupakan girl group pertama yang dibentuk oleh agensi YG Entertainment dalam beberapa tahun terakhir setelah sukses dengan debut dan kiprah BLACKPINK. 

Makanya, tak heran apabila grup yang akan segera debut ini mencuri banyak perhatian. Namun, YG Entertainment belum mengungkapkan secara rinci kapan BABYMONSTER resmi debut di duniaK-pop.