7 rekomendasi film tentang pelukis tersohor dunia

Lukisan, bentuk karya seni rupa paling populer di dunia, ternyata kerap menjadi inspirasi dari berbagai film, lho! Terlebih lagi, setiap perupa atau pelukis memiliki kisah unik dalam perjalanan kariernya yang menjadi inspirasi, bahkan pembelajaran. Sampai-sampai, sejumlah kisah hidup para pelukis yang kerap dipenuhi kontroversi juga pernah diangkat menjadi tayangan layar lebar.

Nah, lewat film, penonton bisa mengetahui lebih banyak hal tentang sosok para pelukis maupun karya-karyanya yang indah. Selain itu, pandangan yang dituangkan dalam setiap sapuan cat seorang pelukis bisa menjadi hal yang menarik untuk diperhatikan. 

Dari sejumlah tajuk film tentang pelukis dan lukisan tersohor dunia, TFR telah merangkum beberapa karya sinema yang terlalu bagus untuk dilewatkan. Kira-kira apa saja judul dan kisah yang diangkat dalam film-film tersebut? Simak selengkapnya dalam tulisan di bawah ini!

1. “Loving Vincent” (2017)

Foto: Tangkapan layar trailer “Loving Vincent” | YouTube/ Crunchyroll Store Australia

Familiar dengan nama seniman legendaris Vincent van Gogh? Kisah hidup hingga kematiannya yang dipenuhi tanda tanya diangkat ke dalam film keluaran 2017, bertajuk “Loving Vincent”. Sosok pelukis asal Belanda tersebut meninggal di usia muda karena bunuh diri setelah menderita gangguan kejiwaan.

Selain pembelajaran yang bisa diambil penonton, film besutan sutradara Dorota Kobiela dan Hugh Welchman ini begitu memanjakan mata. Betapa tidak, berbentuk animasi, film panjang ini berisi 65.000 frames. Setiap frame animasi ini terbuat dari lukisan cat minyak yang dibuat dengan goresan kuas khas Van Gogh, yang totalnya mencapai lebih dari 1.000 kanvas untuk satu film.

2. “Big Eyes” (2014)

Foto: Tangkapan layar trailer “Big Eyes” | YouTube/ Rotten Tomatoes Trailers

Film drama “Big Eyes” mengadaptasi kisah nyata kehidupan seniman asal Amerika Serikat, Margaret Keane. Pelukis perempuan tersebut dikenal atas karya khasnya yang menggambarkan figur bermata besar, “big eyes”.

Namun sayangnya, pertemuannya dengan Walter Kane yang mengaku terkesan dengan karyanya, malah berujung malapetaka. Betapa tidak, pria yang juga merupakan seorang seniman itu mencoba menjual karya Margaret dan mengaku bahwa itu adalah lukisan buatannya sendiri.

Film ini digarap oleh sutradara legendaris Tim Burton, dan dibintangi oleh Amy Adams, Christoph Waltz, Danny Huston, serta Krysten Ritter.

3. “Frida” (2002)

Foto: Tangkapan layar trailer “Frida” | YouTube/ Miramax

Biopik tentang pelukis asal Meksiko bertajuk “Frida” mengisahkan perjalanan hidup, kekaryaan, hingga pandangan politik Frida Kahlo yang kerap dianggap revolusioner. Kahlo sendiri merupakan seorang perempuan yang sempat menjalin hubungan asmara dengan muralis ternama, Diego Rivera.

Film “Frida” berhasil meraih penghargaan piala Oscar untuk kategori “Best Makeup” (“Riasan Wajah Terbaik”) dan “Best Music, Original Score”. Karakter Kahlo pun dibintangi oleh aktris Salma Hayek, sedangkan sejumlah peran lainnya dimainkan oleh Antonio Banderas dan Ashley Judd.

4. “Pollock” (2000)

Foto: Tangkapan layar trailer “Pollock” | YouTube/ MassacreSlutDoom

Film “Pollock” menceritakan pelukis abstrak tersohor asal Amerika Serikat, Jackson Pollock. Sebagai pelukis abstrak ekspresionis, Pollock dikenal lewat ciri khas ‘drip style’ atau cipratan cat yang dituangkan dalam karya-karyanya sepanjang akhir 1940 hingga 1950-an.

Sosok Pollock pun kian terkenal sejak masuk pembahasan majalah Life pada Agustus 1949. Seluruh titik penting dalam perjalanan hidup Pollok terangkum dalam film keluaran tahun 2000 ini.

5. “Basquiat” (1996)

Foto: Tangkapan layar trailer “Basquiat” | YouTube/ Movieclips

“Basquiat” mengisahkan perjalanan hidup dari perupa muda Jean Michel Basquiat yang eksentrik. Berawal dari seniman jalanan dan tinggal di tumpukan kardus di Thompkins Square Park, Basquiat kian tenar dan menjadi bagian dari lingkaran sosial kesenian Andy Warhol. Mengutip IMDb, ketenaran Basquiat terpaksa dibayar dengan pengorbanan pertemanan, percintaan, dan bahkan hidupnya sendiri.

6. “Girl with a Pearl Earring” (2003)

Foto: Tangkapan layar trailer “Girl with a Pearl Earring” | YouTube/ Rotten Tomatoes Classic Trailers

Terinspirasi dari sosok dalam lukisan Johannes Vermeer, film “Girl with a Pearl Earring” menyajikan kisah fiksi seputar pembuatan lukisan abad ke-17 tersebut. Film ini mengadopsi novel fiksi buatan Tracy Chevalier yang menyuguhkan spekulasi tentang sosok perempuan misterius dalam lukisan Vermeer tersebut. Tokoh utama film diperankan oleh Scarlett Johansson yang menjadi sang perempuan cantik ‘Girl with a Pearl Earring’ yang memakai turban biru dan sebuah giwang mutiara.

7. “Hokusai” (2021)

Foto: Tangkapan layar trailer “Hokusai”” | YouTube/ FilmIsNow Movies & Trailers

“Hokusai” merupakan film Jepang bergenre biografi dan sejarah, yang diproduksi oleh Stardust Pictures. Kisahnya mengadaptasi seorang pelukis zaman Edo Jepang bernama Hokusai Katsushika yang membuat karya terkenal, “Thirty-six Views of Mount Fuji”.

Sepanjang film, penonton disuguhkan perjalanan karier Hokusai yang telah menghasilkan 30.000 karya sepanjang hidupnya. Meski sering dihadapi tantangan dan karyanya sempat tak laku, Hokusai terus berjuang menciptakan beragam karya yang terus menjadi kesukaan pecinta seni hingga hari ini.