Netflix gugat pencipta teater musikal “Bridgerton” atas pelanggaran hak cipta

Layanan streaming Netflix telah mengajukan gugatan terhadap pencipta “The Unofficial Bridgerton Musical”, yaitu Abigail Barlow dan Emily Bear. Melansir Washington Post, gugatan tersebut dilayangkan karena pelanggaran hak cipta dan merek dagang dari serial terpopuler Netflix, “Bridgerton”.

Netflix telah melihat tergugat mengunggah konten terkait “Bridgerton” di TikTok sejak serial itu diluncurkan pada Desember 2020. “The Unofficial Bridgerton Musical” dimulai sebagai TikTok yang viral awal tahun lalu sebagai jawaban atas pertanyaan, “Bagaimana jika “Bridgerton” adalah musikal?”

Rupanya, setelah kesuksesan video TikTok tersebut, Barlow bekerja sama dengan Bear untuk menulis 15 lagu yang terinspirasi dari karakter, dialog, dan alur cerita “Bridgerton”. Alhasil, keduanya membentuk soundtrack tidak resmi, termasuk untuk lagu “Burn for You” dan “Lady Whistledown”.

Tanpa diduga, soundtrack tersebut melesat ke puncak tangga lagu album pop di iTunes ketika debutnya pada September 2021. Tidak hanya itu, ternyata kedua tergugat memenangkan Grammy tahun ini untuk album teater musikal terbaik sebagai proyek pertama yang berasal dari TikTok. 

Kemenangan itu juga menjadikan Barlow (23) dan Bear (20) sebagai nominasi dan pemenang termuda dalam kategori tersebut. Akan tetapi, di sisi lain, “Ini adalah pelanggaran terang-terangan atas hak kekayaan intelektual,” kata perwakilan Netflix melansir Reuters pada Minggu (31/7).

Netflix mengatakan bahwa mereka memiliki hak eksklusif untuk membuat lagu “Bridgerton”, musikal, atau karya turunan lainnya berdasarkan “Bridgerton” sehingga Barlow dan Bear tidak dapat mengambil hak tersebut tanpa izin. Terlebih lagi, serial dan popularitas “Bridgerton” dibuat oleh kerja keras orang lain.

"Para kreator, pemain, penulis, dan kru telah mencurahkan hati dan jiwanya untuk “Bridgerton” dan kami akan mengambil langkah untuk melindungi hak mereka," lanjut Netflix.

Sebelumnya, gugatan tersebut muncul setelah “The Unofficial Bridgerton Musical” mengadakan pertunjukan langsung pertamanya di Kennedy Center pada Selasa (26/7).

Pertunjukan tersebut menampilkan tokoh-tokoh terkenal, termasuk Kelli O’Hara, yang terkenal karena perannya dalam “The King and I”, dan Solea Pfeiffer, yang memerankan Eliza dalam tur nasional pertama “Hamilton”. Pertunjukan berikutnya dijadwalkan pada 20 September di Royal Albert Hall London.