ByteDance akuisisi jaringan rumah sakit swasta di China senilai Rp22 triliun

Unit perawatan kesehatan ByteDance, perusahaan induk TikTok di China, Xiaohe Health, mengakuisisi salah satu jaringan rumah sakit swasta terbesar di Negeri Tirai Bambu itu, Amcare Healthcare.

Melansir Bloomberg, ternyata kesepakatan tersebut bernilai hingga $1,5 miliar atau sekitar Rp22 triliun dan merupakan salah satu yang terbesar di industri teknologi China.

Tidak hanya itu, pemilik TikTok di China juga membayar 10 miliar yuan atau sekitar Rp21,7 triliun untuk mengambil kepemilikan penuh atas Amcare Healthcare, yang mengoperasikan rumah sakit wanita dan anak-anak dari Beijing hingga Shenzhen. 

Dengan begitu, kini dua anak perusahaan ByteDance memiliki 100% saham gabungan dari Amcare.

Di samping itu, ByteDance juga bekerja sama dengan raksasa teknologi lainnya, mulai dari Apple hingga Amazon untuk mengeksplorasi cara mendigitalisasikan industri perawatan kesehatan tradisional.

Akuisisi tersebut telah dikonfirmasi oleh juru bicara aplikasi perawatan kesehatan ByteDance Xiaohe Health, tetapi enggan mengomentari seberapa signifikan pengaruh kesepakatan. Meski demikian, hal ini menjadi tren di mana perusahaan sektor teknologi mencari cara baru untuk melayani pelanggan.

Saat ini, Xiaohe bersaing dengan Alibaba Health Information Technology Ltd. dan Ping An Healthcare and Technology Co. dalam konsultasi daring, janji temu di rumah sakit, dan layanan kesehatan lainnya. Sektor sebesar $89 miliar ini terus berkembang dengan langkah-langkah nasional untuk mengendalikan pandemi.