Setelah puluhan tahun, episode pilot “Sailor Moon” versi Amerika ditemukan

Seorang YouTuber bernama Ray Mona berhasil menemukan episode pilot “Sailor Moon” versi Amerika yang telah hilang selama puluhan tahun. Hilangnya episode ini pun jadi tanda tanya bagi penggemar.  

Lewat video dokumenter, YouTuber bernama asli Raven Simone mengabadikan bagaimana dirinya menemukan serial adaptasi dari anime Jepang yang dikenal penggemar sebagai “Saban Moon”.

Bahkan, Mona membagikan bagaimana perjalanannya dalam pencarian hilangnya episode pilot “Sailor Moon” Amerika lewat dua jam video di kanal YouTubenya. Episode pilot “Saban Moon” turut dimasukkannya pada menit 1:43:48 dalam video yang diunggah tepat pada Minggu (21/8) lalu. 

Melansir The Verge, “Saban Moon” mulai digarap studio animasi Toon Makers pada 1993. Produksinya juga melibatkan perusahaan dibalik serial “Power Rangers”, Renaissance-Atlantic Entertainment. Alur cerita hingga karakter dalam “Saban Moon” berbeda dengan anime orisinil buatan Naoko Takeuchi.

Sayangnya, “Sailor Moon” Amerika dengan konsep campuran animasi dan live-action ini tak berhasil disiarkan bahkan tidak ada cerita lanjutan dari episode pilot yang terbagi ke dalam dua bagian tersebut. 

Selama investigasi, Mona berusaha mengumpulkan petunjuk dari pihak-pihak yang terlibat dalam produksi “Saban Moon”. Salah satunya ialah Ron Wasserman, seorang komposer musik Renaissance-Atlantic Entertainment yang turut menggarap “Power Rangers” dan “Sailor Moon”.

Saga pencarian video “Saban Moon” pun ternyata sudah pernah dilakukan sebelumnya. Pasalnya, seorang reporter Kotaku Cecilia D’Anastasio berusaha mencari episode yang sama pada 2018 lalu. 

Hingga akhirnya dengan bantuan D’Anastasio, Mona yang juga berhasil menemukan gim “Mean Girls” yang hilang ini, berhasil terhubung dengan mantan presiden Bandai America Frank Ward. Dialah sosok yang memberikan Mona akses kepada “Saban Moon” dari arsip The Library of Congress.