Michelle Yeoh raih TIFF Share Her Journey Groundbreaker Award

Pemeran utama film A24 "Everything Everywhere All at Once" Michelle Yeoh dapatkan penghargaan perdana Share Her Journey Groundbreaker Award dari Toronto International Film Festival (TIFF). 

Pasalnya, penghargaan TIFF itu menyoroti perempuan yang berhasil memimpin industri film dan menyebar dampak positif terhadap perempuan dan Michelle Yeoh sukses jadi salah satunya.

“Michelle Yeoh adalah definisi dari sebuah terobosan,” ujar CEO TIFF Cameron Bailey. “Karya layar lebarnya telah tersebar luas di berbagai tempat, genre, dan waktu. Tahun ini Yeoh menyajikan penampilan yang menunjukkan kemampuan tanpa batasnya, dalam “Everything Everywhere All at Once."

Di samping itu, melansir Variety (29/8), penghargaan TIFF atas pengaruh bagi perempuan tersebut akan diberikan kepada Yeoh pada 11 September mendatang di Fairmont Royal York Hotel, Kanada.

Sebelumnya, Yeoh dikabarkan menjadi aktris Asia pertama yang mendapat penghargaan American Film Institute Honor pada Agustus tahun ini, dan masuk dalam deretan "Most Influential People" majalah Time.

Sebagian orang boleh jadi baru mengenal Yeoh dari penampilannya di film terpopuler rumah produksi A24, tetapi sebenarnya Yeoh telah melanglang buana di industri perfilman selama hampir 40 tahun.

Pasalnya, TIFF menilai bahwa Yeoh berhasil melewati batas antara lakon dan genre film, serta juga sukses menarik audiens lintas generasi melalui penampilannya yang menakjubkan. Termasuk dalam film "Crouching Tiger, Hidden Dragon", "Tomorrow Never Dies", dan "Crazy Rich Asians".

Penayangan pertama aktris kelahiran Malaysia ini ternyata adalah iklan pada 1984, bersama Jackie Chan. Kala itu, dirinya masih dikenal sebagai Michelle Khan, baru menjadi Michelle Yeoh. Lalu, setahun setelahnya, Yeoh mulai terlihat dalam tayangan layar lebar action D&B Films Hong Kong. 

Selanjutnya, Yeoh terus menunjukkan taring lewat peran penting dalam sejumlah film seperti "Memoirs of a Geisha" karya Rob Marshall, "Sunshine" Danny Boyle, dan film Marvel "Guardians of the Galaxy".

Selain bermain peran, aktris dalam film "Crazy Rich Asians" ini bahkan telah lama melebarkan sayapnya sebagai pendiri rumah produksi dan perusahaan  yang mendukung industri perfilman.

Rupanya, pada awal 2000 Yeoh mendirikan Mythical Films sebagai  produser sekaligus bintang dari "Tian Mai Chuanqi (The Touch) yang dirilis pada 2002. Bahkan, baru-baru ini, Yeoh juga menjadi co-founder dan membangun Han Entertainment Inc., perusahaan yang mendukung industri hiburan berkualitas di Asia.