L’Oréal berinvestasi di merek parfum China Documents

Melalui badan investasinya Shanghai Meicifang Investment, L’Oreal China membeli saham minoritas merek parfum, Documents Parfums yang jadi favorit generasi muda di Negari Tirai Bambu itu. 

Salah satu yang melatarbelakanginya ialah melihat pasar kecantikan China memiliki tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 12,3% yang didorong oleh konsumen generasi muda. Pasalnya, melansir Fashion Network (14/9), diperkirakan bahwa pasar kecantikan itu akan mencapai €49 miliar pada 2024.

Pembelian saham didukung oleh Business Opportunities for L’Oréal Development (BOLD) dan menandai investasi pertama Meicifang di Cina setelah didirikan pada Mei dengan modal terdaftar sebesar $15 juta. 

Rupanya, BOLD merupakan dana ekuitas swasta grup L’Oréal yang didedikasikan untuk mengakuisisi saham minoritas perusahaan rintisan di sektor kecantikan. Tujuannya ialah untuk mendukung merek-merek China yang inovatif dan salah satunya adalah Documents Parfums yang rilis 2021 lalu.

Di sisi lain, melansir Inside Retail ( 12/9), Presiden L’Oréal Asia Utara dan CEO L’Oréal China Fabrice Megarbane mengatakan, pendirian Meicifang mencerminkan "kepercayaan jangka panjang" grup di China dan merek kecantikan China, serta terhadap lingkungan bisnis yang semakin dioptimalkan di sana.

Di samping itu, ternyata Cathay Consumer Co-Creation Fund bersama Kering, L’Oréal, dan Pernod juga berinvestasi di merek parfum premium asal China milik Zhaoran Meng itu. 

Investasi tersebut akan digunakan untuk pengembangan produk, operasi bisnis, dan mendorong ekspansi merek parfum yang sudah punya tiga toko itu ke kancah internasional.