Seniman Bogor angkat isu kemanusiaan dalam mural gedung 10 tingkat di Rusia

Seniman muda asal Bogor yang dikenal dengan nama panggung Fivust belum lama ini ikut menggarap karya mural di fasad gedung 10 tingkat di festival street art Rusia, tepatnya di Kota Moskow. 

Karya Fivust yang mengangkat tema seputar harapan dan kemanusiaan tersebut menjadi bagian dari "Urban Morphogenesis: Cultural Code" yang dihelat mulai 20 Agustus hingga 17 September besok.

“Dalam berkarya, Fivust selalu mengagumi spektrum sifat yang muncul dari diri manusia. Baginya, menarik bahwa setiap manusia memiliki alter ego mereka sendiri yang dapat diekspresikan dalam banyak cara,” jelas pernyataan resmi Fivust dalam rilis yang TFR terima.

Mural berjudul “Theater of Dream” itu menggambarkan karakter 'Fivust' yang dibubuhkan garis organik nan abstrak. Di antara warna yang cenderung temaram, tampak aksen pink fluorescent yang mencolok.

Pasalnya, melalui mural tersebut, Fivust mengungkapkan bahwa dirinya ingin mengajak publik untuk mengingat pentingnya bermimpi demi kebaikan kemanusiaan. 

“Bahwa bermimpi adalah upaya yang amat manusiawi untuk merayakan kerja keras kita dalam mengejar mimpi dan bagaimana tindakan, perbuatan, dan manifestasi kita sehari-hari telah membawa kita terbang lebih tinggi lagi,” lanjutnya.

Rupanya, dalam berkarya Fivust terinspirasi oleh beragam budaya pop, seperti manga. Selain membuat mural, Fivust juga menuangkan dorongan karyanya melalui grafiti, lukisan, dan rajah (tattoo).

Sebagai informasi, melansir situs resminya, proyek "Urban Morphogenesis" ternyata mengumpulkan seniman urban dari seluruh dunia untuk membuat mural di sudut-sudut kota Moskow. Selama festival, 30 fasad gedung bertingkat akan dilukis seniman perwakilan 26 negara, termasuk Fivust.