DC Comics akhirnya ungkap nama asli Joker

Setelah merahasiakan identitas Joker selama puluhan tahun, DC Comics akhirnya merilis nama asli dari karakter yang pertama kali dihadirkan sejak 1940 itu melalui komiknya, “Flashpoint Beyond #5”.

Pasalnya, Joker dirilis dalam “Batman #1”, bersamaan dengan sosok Catwoman, sebagaimana melansir Rolling Stones. Para penggemar meluncurkan banyak teori terkait identitas Joker, mulai dari Jack Napier hingga Arthur Flack. Nama Joker pun jadi salah satu misteri terbesar dan terlama DC Comics.

Karakter Joker selama ini tidak pernah muncul dengan sendirinya. Dirinya selalu menjadi pendamping dari karakter lainnya dan dikaitkan sebagai sosok yang menciptakan kekacauan. 

Hal itu pun membuat tak banyak detail yang diberikan tentang Joker untuk menjaga kemisteriusannya.

Melansir Hypebeast (24/9), identitas Joker diungkap oleh Martha dan Thomas Wayne. Martha bercerita bahwa untuk mengungkap karakter Joker, ia harus memaksa psycho-pirate, penjahat yang memiliki pengetahuan yang luas tentang DC Universe. Lantas, terungkap nama asli Joker, Jack Oswald White.

Tidak hanya nama, serial komik ini mengungkap latar belakang Joker lebih dalam. Untuk itu, Martha mengungkapkan bahwa dirinya sampai mengunjungi versi alam semesta Flashpoint dari Joker.

Ternyata, Joker ialah seorang kepala keluarga yang berusaha menghidupi istri dan anaknya dengan bekerja sebagai petugas kebersihan di Wayne Casino. Meski miskin, Jack beradaptasi dengan baik, tak pernah mengalami peristiwa yang terjadi di “Batman: The Killing Joke” yang menciptakan sosok Joker.

Rupanya, melansir Comic Book (6/9), nama Jack untuk Joker sebenarnya sudah digunakan dalam film “Batman” (1989) karya Tim Burton. Joker diperkenalkan sebagai gangster Gotham bernama Jack Napier, yang jatuh ke dalam tong bahan kimia saat menghadapi Batman selama pencurian digagalkan. 

Sedangkan untuk karakter Joker milik Todd Phillips, Joker diceritakan sebagai seorang komedian yang gagal, dan menggunakan dengan nama baru “Arthur Fleck”.

Selaras dengan pengungkapan nama asli Joker, musisi John Anthony White atau yang biasa dikenal dengan Jack White pun memberikan tanggapan serta terima kasihnya kepada DC Comics.

“Saya ingin berterima kasih kepada DC Comics karena telah menjadikan saya inspirasi untuk nama Joker,” ungkap Jack dalam caption untuk unggahan di Instagramnya yang menampilkan wajah Joker.

Meskipun biasanya rambut Joker tak sebiru rambutnya, tapi Jack tetap menganggap itu sebagai suatu kehormatan. “Itu adalah sebuah perjalanan yang sunyi sepanjang hidupku karena menjadi satu-satunya orang dengan nama tersebut hingga sekarang,” pungkas Jack.