Kelompok seniman multimedia The Fox The Folks jadi juri di Tokyo Lights 2022

Kelompok seniman asal Bandung, The Fox The Folks menjadi juri dari kompetisi projection mapping bergengsi kelas dunia, Tokyo Lights "1Minute Projection Mapping Competition" di Jepang.

Lantas, memasuki tahun kesepuluhnya, festival projection mapping ini mengusung tema “life” dan digelar di Seitoku Memorial Picture Gallery, Tokyo pada 17-19 September 2022 kemarin.

The Fox The Folks diwakili oleh dua anggotanya, Fadjar Kurnia dan Muhammad Fahry Aziz. Mengutip Antara, Fadjar mengungkap "Kami tidak pernah berekspektasi bisa menjadi juara pada tahun lalu. Dan sekarang, kami sangat senang diundang menjadi juri dan tamu dalam kompetisi ini."

Pasalnya, kelompok seniman yang menjuarai Grand Prix (pulihan audiens) kompetisi yang sama pada 2021 dijadikan juri untuk memutuskan pemenang tahun ini dari 19 finalis yang telah dipilih. 

Tak main-main, kompetisi internasional ini diikuti oleh beragam kelompok seni dunia seperti TOOPFIRE (China), Segal Media (Iran), TeamWAOH (Jepang), hingga Ari Dykier (Polandia).

Kelompok The Fox The Folks yang beranggotakan alumni DKV ITB ini, turut menampilkan karya bertajuk "AD ASTRA" pada pembukaan festival. Diikuti dengan penampilan karya Yuta Okuyama dan Daito Manabe. 

"Keduanya adalah kreator muda berusia 20-an yang akan memimpin generasi berikutnya, dan karya mereka, yang akan menuntun masa depan, sangat patut diapresiasi," tulis laman resmi Tokyo Lights.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi turut mengapresiasi pencapaian The Fox The Folks. "Kreativitas mereka di ajang internasional sebagai juri membuktikan bahwa karya seni anak muda Indonesia semakin diperhitungkan di ajang kelas dunia," ujar Heri Akhmadi dalam keterangan resminya.

Sebagai informasi, The Fox The Folks merupakan kelompok yang dibangun oleh Fadjar Kurnia (seniman visual) dan Rafico Lingga (animator) setelah meninggalkan kantornya pasca kuliah. Keduanya pertama dipertemukan semasa studi di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB. 

Penampilan karya "AD ASTRA" kelompok seniman multimedia Bandung ini turut menutup tur karyanya keliling dunia. Selama September tahun ini, The Fox The Folks telah memamerkan projection mapping-nya di Indonesia, Amerika Serikat, dan Jepang. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.